Tuna Wisma

Kastara.ID, Jakarta – Kepala Bagian Publikasi dan Pemberitaan Kementerian Sosial (Kemensos) Herman Koswara mengatakan, tuna wisma yang ditemui Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini di Jalan Sudirman-Thamrin kini sudah dibawa ke Balai Rehabilitasi Sosial Eks Gelandangan dan Pengemis Pangudi Luhur, Bekasi.

Saat memberikan keterangan (6/1), Herman menjelaskan, para tuna wisma itu akan dibimbing dan diberikan sejumlah pelatihan ketrampilan. Di antaranya menurut Herman ketrampilan bengkel mobil, motor, dan las. Selain itu juga olah pangan, seperti pembuatan tahu, tempe, kue. Ada juga menjahit, desain grafis, ternak lele, ayam, hidroponik, pengolahan sampah.

Namun pihak Kemensos tidak bersedia mengungkapkan identitas para tuna wisma yang ditemui Risma. Herman menuturkan, nama-nama itu tidak untuk dipublikasikan. Meski demikian Herman berjanji pihaknya nantinya bakal menginfokan identitas para tuna wisma. Herman menambahkan mereka adalah pemulung yang tidak punya tempat tinggal.

Sebelumnya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) DKI Jakarta Irmansyah melakukan pengecekan terhadap tuna wisma yang ditemui Risma di Jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat. Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan, hal itu guna mengetahui kebenaran adanya tuna wisma di kawasan tersebut.

Saat Riza di Balai Kota DKI Jakarta (6/1), Riza mengakui di beberapa lokasi di Jakarta masih terdapat para tuna wisma, seperti kolong jembatan atau kawasan pinggiran ibukota. Namun untuk kawasan Sudirman-Thamrin, Riza memastikan sudah tidak ada tuna wisma.

Riza mengaku sudah hidup di Jakarta sejak berusia empat tahun. Ia mengaku baru mendengar ada tuna wisma di kawasan yang dikenal sebagai pusat perkantoran di Jakarta itu.

Riza menyatakan, pihaknya mengapresiasi tindakan Risma blusukan ke sejumlah lokasi di Jakarta. Menurutnya, hal itu sesuai dengan tugasnya sebagai Menteri Sosial untuk melihat langsung kondisi masyarakat. Namun menurut politisi Partai Gerindra ini, akan lebih baik jika hal itu dilaksanakan sesuai dengan tugas dan kewenangan masing-masing. (ant)