Pertanian Perkotaan

Kastara.ID, Jakarta – Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta kembali melaksanakan penyuluhan mengenai pembuatan larutan AB Mix, penyemaian bibit cabai, dan penyetekan tanaman obat keluarga (Toga) untuk optimalisasi pertanian perkotaan di Jakarta.

Penyuluh Pertanian Bidang Pertanian Dinas KPKP DKI Jakarta Teguh Kurniawan mengatakan, peserta diajarkan membuat nutrisi AB Mix dengan harapan mereka mengetahui kandungan nutrisi AB Mix yang dibutuhkan oleh tanaman.

“Kegiatan ini menjadi tindak lanjut dari program Go Jakfarm atau Jumat Menanam di lahan Obor Pangan Lestari atau Opal di Kantor Dinas KPKP,” ujar Teguh (6/3).

Teguh menjelaskan, untuk materi penyemaian benih cabai diberikan agar peserta mengetahui dan terbiasa dalam menyemai cabai.

“Tanaman cabai ini sangat perlu dibudidayakan karena menjadi salah satu komoditas yang bisa mempengaruhi inflasi,” terangnya.

Ia menambahkan, untuk stek Toga, penyuluhan difokuskan pada jenis tanaman lavender. Tanaman ini berkhasiat sebagai pengusir nyamuk mengingat musim saat ini masih musim penghujan

“Biasanya tunas lavender tumbuh seminggu setelah disetek. Hasilnya stek maupun semaian tanaman hari ini nantinya bisa dimanfaatkan oleh peserta penyuluhan,” ungkapnya.

Sementara PJLP Bidang Ketahanan Pangan Dinas KPKP DKI Jakarta Sulistiany Tri Jayanti mengaku sangat senang mengikuti kegiatan yang baru kali pertama diikutinya tersebut.

“Sangat bermanfaat sekali, saya baru tahu untuk menanam satu bibit itu butuh teknik yang lumayan rumit, di sini kita banyak belajar tentang pertanian. Meskipun terlihat mudah setelah diaplikasikan butuh waktu dan banyak yang perlu dipelajari,” tandasnya. (hop)