Mengaji

Kastara.ID, Jakarta – Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Sudin Pusip) Kepulauan Seribu akan menggelar lomba Kepulauan Seribu Mengaji.

Kasi Perpustakaan dan Kearsipan Unit Kerja Tehnis 1 Kepulauan Seribu, Windarwati mengatakan, lomba Kepulauan Seribu Mengaji merupakan layanan bagi para pemustaka di seluruh wilayah ini yang akan diadakan selama Ramadan.

“Kegiatan ini digelar untuk menyambut bulan suci Ramadan,” ujarnya, Kamis (7/4).

Windarwati menjelaskan, lomba Kepulauan Seribu Mengaji dihelat dengan tujuan untuk meningkatkan literasi anak-anak dan pelajar di bidang keagamaan dan menstimulasi betapa pentingnya membaca Al-Quran.

“Selain itu juga sebagai sarana promosi perpustakaan. Sehingga warga tertarik berkunjung ke perpustakaan,” sambungnya.

Menurut Windarwati, peserta perlombaan ini terdiri dari pelajar tingkat SMP/MTS. Dalam kegiatan tersebut, para peserta diminta untuk mengirimkan video membaca Al-Quran.

Pendaftaran kegiatan ini sendiri dimulai dari 11-15 April 2022 sejak pukul 16.00. Data para peserta akan direkapitulasi panitia dari 16-17 April dan peserta mulai mengirimkan hasil video membaca Al-Quran dari 18-22 April 2022.

Ia menambahkan, video membaca Al-Quran yang telah dibuat para peserta selanjutnya diminta untuk dikirimkan ke akun Instagram perpustakaankep.seribu dan juga ukt1setkab1000 dengan memasang hashtag #kepulauanseribumengaji2022.

Untuk penilaian akhir akan dilaksanakan pada 25-26 April 2022. Sementara untuk pengumuman hasil pemenang lomba diumumkan pada 29 April 2022. Dalam ajang ini, pemenang akan mendapat apresiasi berupa suvenir, Al-Quran dan sertifikat atau piagam.

“Manfaat dari kegiatan ini anak-anak akan semakin terbiasa dan gemar membaca Al-Quran, mengasah daya ingat dan melatih kepercayaan diri,” tandasnya. (hop)