Ambulans Goes to Mall

Kastara.ID, Jakarta – Unit Pengelola Ambulans Gawat Darurat (UP AGD) Dinas Kesehatan DKI Jakarta menggelar sosialisasi dan edukasi di pusat perbelanjaan melalui kegiatan bertajuk “Ambulans Goes to Mall” di Mall Ciputra Jakarta mulai 6-8 Mei 2021.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan lebih dalam tentang ambulans gawat darurat kepada masyarakat khususnya pengunjung mal, sekaligus mereka melihat secara langsung alat-alat yang terdapat di ambulans ini.

Kepala UP AGD Dinas Kesehatan DKI Jakarta Winarto mengatakan, Ambulans Goes to Mall dapat menambah wawasan masyarakat mengenai kegawatdaruratan medis serta cara penanganannya. Pasalnya, pengunjung juga dapat secara langsung berlatih mengenai penanganan kegawatdaruratan medis yang baik dan benar.

“Pengunjung akan mengetahui lebih banyak mengenai AGD karena akan dipandu oleh petugas AGD yang profesional dalam bidang kegawatdaruratan. Pengunjung juga dapat melihat ambulans dan URC secara langsung dari dekat beserta alat apa saja yang ada di dalamnya yang tentunya dipandu oleh petugas AGD,” ujarnya, Jumat (7/5).

Winarto menjelaskan, Ambulans Goes to Mall juga diisi dengan Talk Show Fast Response Community, ilmu mengenai praktik langsung penanganan pada korban penyakit jantung dan simulasi kegawatdaruratan lainnya.

Ia menambahkan, dengan adanya kegiatan ini diharapkan masyarakat lebih mengetahui pelayanan AGD, khususnya nomor darurat 112/119, agar jika terjadi kegawatdaruratan medis, masyarakat dapat menghubungi nomor tersebut untuk mendapatkan pertolongan medis.

“Mal dipilih sebagai lokasi pelaksanaan agar lebih mudah dikenal di masyarakat luas, kebetulan mal adalah tempat yang pasti akan dikunjungi oleh seluruh lapisan masyarakat di DKI Jakarta dan mendorong agar masyarakat bisa memanfaatkan pelayanan ambulans secara gratis,” tandasnya. (hop)