Jakarta

Kastara.ID, Jakarta – Selama empat hari libur Idulfitri 1443 Hijriah, Senin (2/5) hingga Kamis (5/5) kemarin, tercatat sebanyak 188.747 warga nikmati layanan transportasi MRT.

Pada Idulfitri hari pertama, Senin (2/5) tercatat 22.810 orang yang menikmati layanan MRT. Kemudian meningkat pada Selasa (3/5) sebanyak 47.047 orang, Rabu (4/6) sebanyak 57.923, lalu Kamis (5/5) melonjak sebanyak 60.967 pengguna.

Corporate Secretary Division Head PT MRT Jakarta (Perseroda), Rendi Alhial mengatakan, jumlah penumpang pada Kamis (5/5) lalu, merupakan angka tertinggi sejak Januari tahun.Ini menunjukkan antusias masyarakat sangat besar untuk nikmati layanan MRT.

‘Terjadi peningkatan lebih dari 100 persen dibandingkan periode yang sama Lebaran tahun lalu,” katanya (6/5).

Sejauh ini, ungkap Rendi, stasiun yang paling banyak dikunjungi masyarakat adalah Stasiun Bundaran HI, Blok M BCA, Lebak Bulus Grab, dan Dukuh Atas BNI.

Berdasarkan pengamatan di stasiun, menurut Rendi, cukup banyak ditemui pengguna yang baru pertama kali menggunakan layanan MRT Jakarta, dan terdapat beberapa wisatawan dari luar kota Jakarta yang masih awam dengan fasilitas MRT Jakarta.

“Kami menempatkan petugas pada titik simpul kepadatan di stasiun, untuk memberikan bantuan kepada pengguna,” ujarnya.

Rendi menambahkan, MRT Jakarta tidak lagi sekadar alat transportasi pemindah orang. Fungsinya telah meluas sebagai ruang ketiga yaitu sebagai tempat berinteraksinya masyarakat, termasuk sebagai sarana berwisata saat masa liburan tiba.

Berkolaborasi dengan Provinsi DKI Jakarta dan berbagai pihak, lanjut Rendi, jalur MRT Jakarta telah terintegrasi dengan berbagai pusat perbelanjaan hingga objek wisata seperti Kota Tua, Jakarta International Stadium, Taman Margasatwa Ragunan, Pantai Maju PIK, Ancol, hingga Jembatan Penyeberangan Orang Pinisi.

“Masyarakat yang ingin berlibur di Jakarta dengan menggunakan layanan MRT, dapat melakukan pembelian tiket melalui aplikasi MRT-J. Kami juga  menyediakan sistem pembayaran dengan menggunakan kartu elektronik bank,” pungkasnya. (hop)