Kastara.ID, Jakarta – Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan mengatakan, Eko Patrio menjadi salah satu calon menteri yang akan diusulkan partainya kepada Prabowo Subianto.

Apa yang diutarakan Zukhas tersebut disoroti Pengamat Komunikasi Politik dari Universitas Esa Unggul Jakarta, M Jamiluddin Ritonga, dalam keterangannya kepada Kastara.ID, Selasa (7/5).

“Dilihat dari pengalamannya, Eko tentu sudah layak menjadi menteri. Sebab, Eko sudah malang melintang menjadi anggota DPR RI. Bahkan untuk Pileg 2024, Eko terpilih lagi untuk periode keempat di DPR RI,” ungkap Pengamat yang kerap disapa Jamil ini.

Selain itu, Eko juga dipercaya menjadi Ketua DPW PAN di Jakarta. Ini artinya, Eko punya pengalaman dalam memimpin organisasi di Jakarta yang warganya sangat heterogen.

Pengalaman di DPR dan meminpin partai di Jakarta, setidaknya dapat menjadi bekal bagi Eko untuk memimpin kementerian tertentu.

“Tapi tidak semua kementerian cocok dipimpin Eko. Kalau dilihat dari pendidikannya berlatar belakang komunikasi, maka Eko lebih pas menjadi Menteri Komunikasi dan Informatika,” jelas Jamil.

Hal itu diperkuat juga latar belakangnya sebagai pelawak baik awalnya di radio hingga merambah ke berbagai stasiun TV. Eko juga punya usaha yang bergerak di bidang hiburan. Ini artinya, Eko sejak awal lebih banyak bersentuhan dalam bidang komunikasi.

“Jadi, Eko sudah layak jadi menteri. Menteri Komunikasi dan Informatika tampaknya yang paling pas untuk Eko. Bidang ini Eko punya pengalaman yang lebih dari cukup dan kompetensinya relatif baik,” pungkasnya. (dwi)