Kebakaran

Kastara.ID, Depok – Rumah tinggal di Jalan Semangka 6 No. 323, RT 01/RW 02, Kelurahan Depok Jaya, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok, Jawa Barat, ludes dilahap api, Senin (7/6) pukul 02.30 dinihari. Sebanyak enam mobil Pemadam Kebakaran dikerahkan untuk membantu warga memadamkan api. Ada satu orang korban meninggal dunia dalam peristiwa ini.

Berdasarkan keterangan saksi, yang juga pemilik rumah, Valentina (53), mengatakan api tiba-tiba langsung membesar pada pukul 02.30 WIB.

Valentina mengatakan, “Saya tidak dapat mengetahui sumber api, seingat saya pada jam 02.30 WIB api tiba-tiba membesar dari lantai dasar rumah, asap sudah sangat tebal sehingga kami yang berada di rumah tidak dapat berbuat apa-apa. Orang tua saya yang sedang mengalami stroke dan berada di lantai dasar menjadi korban,” ucap Valentina dengan nada sedih.

Ketua RW 02 Kelurahan Depok Jaya, Suyono, mengatakan, berkat kesigapan dan kerja sama warga dengan dibantu petugas pemadam kebakaran, api bisa segera dipadamkan dan tidak merembet ke rumah warga yang lain.

“Berkat kerja sama dari warga kebakaran dinihari ini bisa cepat tertangani. RW saya ini warga telah dibekali pelatihan dan penanganan kebakaran, jika terjadi keadaan darurat kebakaran, warga telah siap dan sigap menangani. Ini juga berkat dibantu oleh petugas pemadam kebakaran dari Kota Depok yang segera menerjunkan enam unit mobil pemadam kebakaran,” papar Suyono.

Suyono mengatakan, sangat disayangkan tidak dapat menyelamatkan satu orang meninggal terkait soal warganya yang menjadi korban dalam kebakaran ini.

“Upaya maksimal telah kami lakukan bersama-sama dengan warga, namun takdir Tuhan berkata lain, Ibu Marsiti (84) meninggal dunia menjadi korban dalam kebakaran ini. Kami selaku pengurus lingkungan turut berduka dan berharap peristiwa kebakaran di wilayah ini tidak terjadi lagi,” ujar Suyono.

Lurah Depok Jaya Herman langsung meninjau di lokasi kebakaran pada dinihari tadi, langsung memberikan ungkapan duka kepada keluarga korban dan berjanji akan membantu pengurusan administrasi surat-surat yang terbakar dalam peristiwa ini.

“Atas nama pribadi dan Lurah Depok Jaya, saya turut prihatin dan mengucapkan duka cita mendalam bagi keluarga korban dan mengajak seluruh warga Depok Jaya untuk sama-sama mendoakan bagi korban yang meninggal,” ungkapnya. (*)