Headline

Mahasiswa Tak Dapat Jatah, Vaksinasi Covid-19 Hanya untuk Dosen

Kastara.ID, Jakarta – Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Paristiyanti Nurwardani mengatakan program vaksinasi Covid-19 di lingkungan Perguruan Tinggi (PT) hanya diperuntukkan bagi tenaga pengajar atau dosen.

Saat memberikan keterangan (7/3), Paristiyanti menyatakan, hingga saat ini belum ada alokasi vaksin Covid-19 untuk para mahasiswa. Berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) antarmenteri terkait vaksinasi di lingkup pendidikan Indonesia, mahasiswa belum termasuk dalam katagori sasaran.

Dalam SKB disebutkan, vaksinasi corona untuk siswa, guru, dosen, dan tenaga pendidik akan diupayakan segera sesuai ketersediaan vaksin. Saat ini menurut Paristiyanti, tengah disiapkan SKB antar menteri terkait guna menyikapi hal tersebut.

Pernyataan Paristiyanti sekaligus meralat informasi yang diberikannya pada Sabtu (6/3). Saat itu mantan Direktur Pembelajaran Dikti itu SKB menyatakan adanya vaksinasi bagi mahasiswa, dosen, tenaga pendidik, dan pegawai kementerian. Program vaksinasi akan berlangsung pada Maret hingga Juni 2021.

Meski tak masuk kategori divaksin, Paristiyanti mengatakan, Kemendikbud memperbolehkan mahasiswa melakukan pembelajaran tatap muka (PTM). Namun metode ini hanya dilakukan selama masa transisi, yakni sebelum semua mahasiswa mendapatkan vaksin.

Paristiyanti menuturkan, PTM hanya berlaku untuk mahasiswa yang sedang menjalankan praktik kompetensi dan finalisasi tugas akhir. Ia mengimbau agar perguruan tinggi yang akan melangsungkan PTM wajib menerapkan protokol kesehatan.

Paristiyanti menekankan, 5M harus dilaksanakan selama PTM, yaitu Memakai masker, Mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, dan Membatasi mobilisasi dan interaksi.

Paristiyanti juga berharap pihak rektorat kampus menyiapkan peraturan turunan PTM di Perguruan Tinggi. Selain itu rektorat harus selalu berkoordinasi dengan Gugus Tugas Covid-19 di daerah masing-masing. (ant)

Leave a Comment

Recent Posts

Pencabutan dan Pembatalan Surat Pernyataan Sikap

Kastara.Id,Depok - Berdasarkan  Nomor  015/BSS/PS/V-2024 TANGGAL 14 MEI 2024.  Seluruh jajaran pengurus Perkumpulan Barisan Supian…

Selamat Ginting: Jurnalisme Investigasi Berkontribusi Terhadap Pemerintahan Demokrati

Kastara.Id,Jakarta - Pengamat politik Universitas Nasional (Unas) Selamat Ginting menegaskan, jurnalisme investigasi keberadaannya sangat penting…

Selamat Ginting : Demokrasi Asli Indonesia Sumbernya Semangat Kolektivisme

Kastara.Id,Jakarta - Pengamat politik Universitas Nasional (Unas) Selamat Ginting mengungkapkan, demokrasi asli Indonesia sumbernya adalah…

POPWILDA wilayah I Jabar di Ikuti Tujuh Daerah.

Kastara.Id,Depok - Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono melepas ratusan atlet yang akan mengikuti…

Rombongan Pelajar SMK Lingga Kencana Depok Mengalami Kecelakaan di Kawasan Wisata Ciater

Kastara.Id,Depok - Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengungkapkan, bus rombongan SMK Lingga Kencana yang terguling…

Seluruh Biaya Perawatan Korban Kecelakaan Bus Pariwisata Ditanggung Pemerintah Kota (Pemkot) Depok

Kastara.Id,Depok - Seluruh biaya perawatan korban kecelakaan bus pariwisata yang mengangkut siswa SMK Lingga Kencana,…