McDonald's Sarinah Thamrin

Kastara.ID, Jakarta – Salah satu restoran makanan cepat saji McDonald mengumumkan bakal menutup gerainya di pusat perbelanjaan Sarinah Thamrin. Hal ini cukup mengejutkan. Pasalnya McDoland Sarinah mempunyai sejarah yang cukup panjang. Selain itu restoran yang berada di jantung kota Jakarta itu asalah gerai pertama yang dimiliki McDonald’s Indonesia.

Rencamanya, restoran yang telah memberikan pelayanan selama hampir 30 tahun itu akan mengakhiri operasionalnya secara permanen pada Ahad (10/5) pukul 22.05 WIB. Dalam keterangannya (7/5/2020), Direktur Marketing Communications, Digital dan CBI McDonald’s Indonesia Michael Hartono mengatakan, penutupan dilakukan atas permintaan pihak manajemen Sarinah.

Melalui surat yang disampaikan pada Jumat (1/5), manajemen Sarinah menyebut akan melakukan renovasi gedung pusat perbelanjaan tertua di Jakarta itu. Selain itu perusahaan milik negara itu akan melakukan perubahan strategi bisnis.

Michael mengakui keputusan ini sangat berat. Pasalnya McDonald’s Sarinah Thamrin adalah restoran terpenting dan paling bersejarah. Bukan hanya lantaran lokasinya yang sangat strategis, tapi juga karena banyak kenangan dari restoran ini. Michael menegaskan, McDonald’s Thamrin adalah flagship store yang menjadi tonggak sejarah kehadiran restoran cepat saji asal Amerika Serikat itu di Indonesia.

Michael yakin pelanggan pun akan merasakan hal serupa. Restoran dengan ikon badut Ronald itu memberikan kenangan dan momen berharga bagi jutaan pelanggan. Bahkan tak sedikit konsumen yang mewariskan pengalaman menikmati hidangan di restoran itu kepada anak-anak mereka dan tetap menjadi pelanggan setia McDonald’s Sarinah Thamrin.

Pertama kali buka di Sarinah Thamrin pada 14 Februari 1991 sekaligus menjadi restoran McDonald’s pertama di Indonesia. Sempat meninggalkan Sarinah Thamrin pada 2009, McDonald’s kembali lagi ke Sarinah Thamrin pada tahun 2011.

Michael memastikan penutupan restoran McDonald’s Sarinah Thamrin tidak berdampak pada karyawan. Pasalnya seluruh karyawan akan dipertahankan dan direlokasi ke berbagai berbagai restoran McDonald’s lainnya. Michael mengucapkan terima kasih kepada pelanggan setia. McDonald’s Indonesia akan terus berusaha memberikan yang terbaik kepada konsumen kami dan mencari lokasi-lokasi strategis yang lain.

Sebagai alternatif, konsumen dapat mengunjungi restoran-restoran terdekat dengan Sarinah seperti McDonald’s Hayam Wuruk, McDonald’s Raden Saleh, McDonald’s Cideng, dan McDonald’s Central Plaza. (mar)