Ciwidey

Kastara.ID, Jakarta – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat menyatakan, luas kebakaran lahan yang melanda wilayah Kabupaten Bandung seluas 241 hektare.

Kebakaran lahan di Kabupaten Bandung diketahui telah terjadi sejak Sabtu (5/10). Sejumlah upaya untuk memadamkan api dilakukan di antaranya dengan menerjunkan 84 petugas dari berbagai instansi.

Berdasarkan keterangan Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana BPBD Jabar menyebutkan, kebakaran lahan itu terjadi di sejumlah wilayah, di antaranya kawasan wisata Kawah Putih, wilayah Desa Sugihmukti, dan Kecamatan Pasirjambu.

Kepala Seksi Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Jabar Budi Budiman Wahyu mengatakan, dampak kebakaran di Kawah Putih Ciwidey, lahan terbakar sekitar 15 hektare.

Sementara kebakaran di kawasan Kawah Putih terjadi pada Senin (7/10) pukul 14.00 WIB, BPBD Jabar telah berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Bandung untuk mengecek kondisi pascakebakaran.

Pihaknya juga telah melakukan rapat koordinasi dengan Kapolres Bandung, Dandim 0609, BPBD Kabupaten Bandung, Perhutani, Damkar, pengelola wisata Kawah Putih, masyarakat sekitar, serta relawan pegiat kebencanaan.

Selain di Kawah Putih, kebakaran juga terjadi di Desa Pasir Huni, Kecamatan Cimaung. Luasan lahan terbakar mencapai 26 hektare. Sementara di Desa Mangun Jaya, Gunung Sangar, luas lahan yang terbakar sekitar 100 hektare.

Akibat kebakaran lahan tersebut sejumlah tanaman dan pohon seperti pohon pinus, pohon rancamala, pohon manglid, pohon alpukat, alang-alang, dan lainnya hangus terbakar. (yan)