Kastara.id, Jakarta – Tim nasional Indonesia akan bertindak sebagai tuan rumah pertama final Piala AFF 2016. Berdasarkan situs Piala AFF 2016, pemenang semifinal leg pertama akan bertindak terlebih dahulu sebagai tuan rumah yaitu pada 14 Desember mendatang. Selanjutnya, Indonesia akan bertandang ke markas lawan pada 17 Desember.

Dari empat final yang pernah dijalani Indonesia di final Piala AFF, Indonesia hanya pernah satu kali menjadi tuan rumah pertama, yaitu pada final 2004 silam melawan Singapura. Di leg pertama, Indonesia kalah 1-3, sementara di leg kedua skuat Merah Putih kembali menelan kekalahan dengan skor 1-2.

Pada final 2010, Indonesia bertandang ke markas Malaysia terlebih dahulu dan menelan kekalahan 0-3. Di leg kedua yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Indonesia menang 2-1 tapi tak cukup untuk menggondol gelar juara. Sementara itu, final 2000 dan 2002 tak digelar dalam dua partai.

Menurut Sekretaris Jenderal PSSI, Stadion Pakansari yang berkapasitas 30 ribu penonton kembali menjadi alternatif pertama untuk laga final Piala AFF 2016. Indonesia lolos ke partai final setelah bermain imbang 2-2 dengan Vietnam. Hasil itu membuat Indonesia lolos dengan agregat 4-3 setelah pertandingan pertama di Stadion Pakansari berakhir dengan skor 2-1.

Di leg kedua, Indonesia unggul lebih dulu lewat gol Stefano Lilipaly di menit ke-54, tapi Vietnam berhasil membalikkan kedudukan lewat gol Vi Van Thanh dan Vu Min Thuanh. Gol penyama kedudukan Indonesia dicetak Manahati Lestusen dari titik putih. Wasit memberikan penalti setelah Ferdinand Sinaga dijatuhkan kiper Vietnam.

Indonesia masih menanti lawan di partai final. Di semifinal leg pertama, Thailand sukses menekuk tuan rumah Myanmar 2-0 berkat gol Teerasil Dangda. Laga leg kedua akan digelar di Bangkok, Kamis (8/12) malam ini. (sit)