LRT

Kastara.ID, Jakarta – Jawa Barat merencanakan membangun lima stasiun Light Rail Transit (LRT) di Kota Cimahi. Rencananya, Cimahi yang kerap dikenal sebagai Kota Militer ini akan terkoneksi dengan LRT Bandung Raya.

Berdasarkan hasil rapat Pemprov Jawa Barat dan Dinas Perhubungan (Dishub) Cimahi, panjang rel (trase) LRT yang akan dibangun sepanjang 20,12 km. sedangkan stasiun monorel akan dibangun di Bandung pada lima titik berbeda.

Ranto Sitanggang selaku Kasi Angkutan Dishub Cimahi (9/9) menjelaskan, Koridor Barat-Timur itu akan menghubungkan Leuwipanjang-Cimahi-Padalarang-Ciburuy (Bandung Barat).

Sementara di Cimahi, monorel LRT yang dibangun nantinya akan melintas mulai dari Cibeureum-Cimindi sampai dengan Kabupaten Bandung Barat (KBB), yaitu Padasuka.

Ranto menambahkan, hasil kajian trase, muncul usulan tujuh segmen untuk untuk menunjang transportasi massal LRT Bandung Raya.

Segmen I adalah Leuwipanjang-Caringin-Pasirkoja, segmen 2 Pasirkoja-Cibeureum.
Segmen 3 Rajawali-Cimindi, segmen 4 Cimindi-Cibabat, segmen 5 Cihanjuang-Alun-alun Cimahi, segmen 6 Cimahi-Kota Baru Parahyangan, dan segmen 7 Padalarang-Ciburuy.

Dalam penentuan lokasi stasiun monorel yang berada di Kota Cimahi tetap memperhatikan juga ketersediaan angkutan feeder (pengumpan).

Kendati demikian, dijelaskan bahwa informasi seputar LRT Bandung Raya itu baru hasil kajian sementara Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Pembangunan fisik pun belum jelas bakal dimulai kapan. (rya)