Headline

40.881 Pemohon Sudah Dilayani UPT AGD Dinkes

Kastara.ID, Jakarta – Unit Pelaksana Teknis Ambulans Gawat Darurat Dinas Kesehatan (UPT AGD Dinkes) DKI Jakarta telah melayani 40.881 permohonan ambulans dalam periode Januari sampai 7 November 2019.

Kepala UPT AGD Dinkes DKI Jakarta Iwan Kurniawan mengatakan, permohonan bantuan tahun ini meningkat dari tahun 2018 yang berkisar 2.500 sampai 3.000 permohonan ambulans setiap bulannya.

“Saat ini rata-rata per bulan bisa mencapai 3.000 sampai 4.000 lebih permohonan. Kami gencar melakukan sosialisasi ke masyarakat, rumah sakit dan fasilitas kesehatan karena belum semua masyarakat DKI tahu ada layanan AGD,” ujarnya (8/11).

Iwan mengatakan, UPT AGD mengoperasikan sebanyak 64 ambulans. Puluhan ambulans ini melayani pasien dari rumah sakit ke rumah sakit, fasilitas pelayanan kesehatan ke rumah sakit, bahkan rumah sakit ke rumah maupun sebaliknya.

“Sebanyak 64 ambulans itu tersebar di lima wilayah berkisar dengan jumlah unit bervariasi setiap wilayah antara 12 sampai 13 unit ambulans. Kami menyiagakan satu ambulans dalam radius lima kilometer untuk mempercepat waktu tanggap atau response time pelayanan,” terangnya.

Iwan merinci, ambulans di UPT AGD Dinkes merupakan kendaraan khusus kegawatdaruratan dengan peralatan lengkap seperti ventilator, Automated External Defibrillator (AED) untuk kegawatdaruratan jantung, dan Elektrokardiogram (EKG).

“Kalau ambulans di puskesmas itu ambulans yang standar istilahnya ambulans transpor jadi hanya untuk menangani pasien-pasien yang membutuhkan peralatan bantuan hidup dasar seperti oksigen,” tandasnya. (hop)

Leave a Comment

Recent Posts

Pencabutan dan Pembatalan Surat Pernyataan Sikap

Kastara.Id,Depok - Berdasarkan  Nomor  015/BSS/PS/V-2024 TANGGAL 14 MEI 2024.  Seluruh jajaran pengurus Perkumpulan Barisan Supian…

Selamat Ginting: Jurnalisme Investigasi Berkontribusi Terhadap Pemerintahan Demokrati

Kastara.Id,Jakarta - Pengamat politik Universitas Nasional (Unas) Selamat Ginting menegaskan, jurnalisme investigasi keberadaannya sangat penting…

Selamat Ginting : Demokrasi Asli Indonesia Sumbernya Semangat Kolektivisme

Kastara.Id,Jakarta - Pengamat politik Universitas Nasional (Unas) Selamat Ginting mengungkapkan, demokrasi asli Indonesia sumbernya adalah…

POPWILDA wilayah I Jabar di Ikuti Tujuh Daerah.

Kastara.Id,Depok - Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono melepas ratusan atlet yang akan mengikuti…

Rombongan Pelajar SMK Lingga Kencana Depok Mengalami Kecelakaan di Kawasan Wisata Ciater

Kastara.Id,Depok - Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengungkapkan, bus rombongan SMK Lingga Kencana yang terguling…

Seluruh Biaya Perawatan Korban Kecelakaan Bus Pariwisata Ditanggung Pemerintah Kota (Pemkot) Depok

Kastara.Id,Depok - Seluruh biaya perawatan korban kecelakaan bus pariwisata yang mengangkut siswa SMK Lingga Kencana,…