Mari Elka Pangestu

Kastara.ID, Jakarta – Mantan Menteri Perdagangan (Mendag, 2004-2011) dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menpar, 2011-2014) Mari Elka Pangestu ditunjuk sebagai Direktur Pelaksana Kebijakan Pembangunan dan Kemitraan untuk Bank Dunia mulai 3 Maret 2020. Penunjukan ini diumumkan oleh Presiden Bank Dunia David Malpass.

Seperti dikutip dari situs Bank Dunia, worldbank.org pada Kamis (9/1), Malpass mengatakan bahwa mereka sangat senang menyambut Mari ke Bank dalam peran baru yang penting ini bagi institusi mereka. Selain itu Malpass menambahkan bahwa pengalaman Mari Pangestu sebagai Menteri Senior, kredensial yang diakui secara global sebagai seorang ekonom dan peneliti.

Bersama dengan pengalaman kepemimpinannya yang luas dan keterlibatannya dalam forum-forum internasional utama tentang masalah-masalah pembangunan yang penting, akan sangat bermanfaat bagi pekerjaan mendesak mereka di Grup Bank Dunia dalam mendukung luas pertumbuhan berbasis dan pengentasan kemiskinan.

Menanggapi penunjukkannya sebagai Direktur Bank Dunia, mantan Mendag dan Menpar RI di era kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini mengatakan, merupakan suatu kehormatan besar dapat bergabung dengan Bank Dunia dalam misi pembangunan vitalnya. Mari juga menambahkan bahwa dia menantikan kesempatan untuk bekerja dengan tim yang kuat ini pada tantangan mendesak yang dihadapi anggota Bank Dunia. (har/ant)