Depok

Kastara.ID, Depok – Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono mengimbau warga untuk mewaspadai peningkatan inflasi menjelang Ramadan dan Hari Raya Idulfitri 1442 H. Peningkatan inflasi biasanya terjadi pada komoditas utama yaitu sembako.

“Seperti beras, cabai merah, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, telur ayam ras, daging ayam ras, dan daging sapi. Di mana secara historis, volatile foods merupakan penyumbang utama inflasi,” ujarnya saat menghadiri High Level Meeting (HLM) Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Depok Tahun 2021, di Depok City Operation Room (DeCOR), sebagaimana dilansir situs resmi Pemkot Depok (9/4).

Kendati demikian, kata Imam, pihaknya telah menyiapkan sejumlah langkah untuk menekan laju inflasi. Salah satunya dengan menggelar pasar murah.

“Digelarnya pasar murah oleh pemerintah, diharapkan mampu menekan laju inflasi. Semoga Bantuan Sosial (Bansos) yang diberikan Presiden Joko Widodo untuk warga tidak mampu, juga dapat dilanjutkan kembali supaya mereka tetap mendapatkan pelayanan dan bisa berbelanja di hari raya,” ucapnya.

Terakhir, dirinya berpesan kepada para distributor agar tidak melakukan penimbunan bahan kebutuhan pokok. Dengan begitu, ketersediaannya tetap terjaga dan aman.

“Kita juga berharap warga tidak pulang kampung, sehingga daya beli masyarakat di Depok tetap terjaga,” tandasnya. (dha)