Jakarta Hajatan

Kastara.ID, Jakarta – Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta mengadakan sejumlah kegiatan untuk memeriahkan Jakarta Hajatan 2022.

Rangkaian kegiatan yang diadakan seperti Kelas Berkebun dilanjutkan penanaman pohon di 495 lokasi, merangkai bunga bersama lansia dan peluncuran dapur produksi Jakpreneur.

Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta, Suharini Eliawati mengatakan, Kelas Berkebun terdiri dari dua kategori (kelas pemula dan kelas lanjutan). Kegiatan tersebut berkolaborasi dengan TP PKK DKI Jakarta dan PT East West Seed Indonesia (Ewindo) yang merupakan produsen benih Panah Merah.

Kelas pemula yang bakal dilaksanakan pada 20 dan 21 Juni 2022 mendatang akan diikuti sekitar 1.320 orang peserta.

“Sedangkan Kelas lanjutan diikuti 1.320 orang. Pesertanya merupakan peserta Kelas Berkebun Tahun 2021 dan akan dihelat pada 16 Juni,” ungkap Eli, Jumat (10/6).

Eli menjelaskan, kegiatan merangkai bunga bersama lansia akan diikuti sekitar 495 peserta dari warga binaan Panti Lansia yang dikelola Dinas Sosial (Dinsos) DKI Jakarta, pengurus dan anggota Forum Komunikasi Lansia Jakarta (FKLJ).

Kegiatan merangkai bunga akan digelar pada 16 Juni 2022 mendatang di panti sosial, Kantor Dinas KPKP DKI Jakarta dan lokasi FKLJ.

Dalam kegiatan itu akan diundang nara sumber dari Ikatan Perangkai Bunga Indonesia (IPBI) untuk memberikan pelatihan kepada para peserta.

“Kegiatan ini sekaligus untuk meningkatkan kelas 495 anggota Jakpreneur. Untuk bahan akan didistribusikan sesuai dengan jumlah peserta setiap lokasi,” kata Eli.

Eli menyampaikan, dalam rangkaian kegiatan ini juga akan diluncurkan Dapur Jakpreneur di Small Procesing Unit (SPU) Klender, Jakarta Timur.

Dapur Jakpreneur ditujukan untuk memfasilitasi UMKM binaan yang tidak memiliki dapur khusus sesuai syarat untuk memperoleh izin edar.

“Dapur ini sudah memenuhi kriteria produksi pangan yang baik sebagai salah satu syarat mendapatkan perizinan, baik izin edar dari Badan POM maupun PIRT,” tandas Eli. (hop)