Headline

Sejumlah Titik di Kawasan Pesisir Sumbar Rawan Abrasi

Kastara.ID, Jakarta – Sejumlah titik di kawasan pesisir Sumatera Barat rentan ancaman abrasi. Pemerintah Daerah diharapkan mempertimbangkan hasil riset kerentanan pesisir dalam pembangunan daerah.

Kepala Loka Riset Sumber Daya dan Kerentanan Pesisir (LRSDKP) Nia Naelul Hasanah Ridwan mengatakan, hasil penelitian LRSDKP Kementerian Kelautan dan Perikanan tahun 2019 menyebut abrasi pantai terjadi di Padang, Pesisir Selatan, Padang Pariaman, Agam, dan Pasaman Barat, Senin (9/12). “Abrasi terparah terjadi di Kawasan Pelabuhan Teluk Bayur, Kecamatan Lubuk Begalung, Padang, yakni sebesar 49,4 meter pertahun,” jelasnya dalam diskusi “Pemaparan Hasil Riset Kerentanan Pesisir di Sumatera Barat dan Kajian Sampah Laut di Banda Aceh”.

Nia mengungkapkan, tingginya tingkat abrasi pantai diakibatkan tidak adanya bangunan ataupun tumbuhan yang dapat menahan abrasi, seperti bakau dan cemara laut. Di sejumlah titik, terdapat tanaman bakau yang justru di babat untuk dibuat tambak di sekitar pantai.

Nia berharap hasil penelitian yang dipaparkan menjadi bahan pertimbangan dalam pengambilan kebijakan dan perencanaan pembangunan daerah, serta dapat segera melakukan tindakan antisipasi agar dampak abrasi tidak terlalu parah.

Menanggapi hasil penelitian tersebut, Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit mengatakan, hasil riset itu dapat menjadi pengetahuan bersama terkait kerentanan pesisir di daerah masing-masing. Selain itu, pihaknya juga mengajak seluruh kepala daerah di kabupaten atau kota di kawasan pesisir untuk menjadikan hasil riset sebagai pertimbangan dalam perencanaan pembangunan. (yan)

Leave a Comment

Recent Posts

99 Elemen Masuk Barisan di KBBI Siap Menangkan Imam Budi Hartono di Pilkada Depok

Kastara.Id,Bogor - Puluhan elemen atau relawan warga Kota Depok terhimpun dalam Keluarga Besar Bang Imam…

Selamat Ginting: Salim Said Bagai Kamus Berjalan Soal Politik dan Militer

Kastara.id,Jakarta - Pengamat politik dan militer Universitas Nasional (Unas) Selamat Ginting mengungkapkan sosok almarhum Prof…

SIT Darul Abidin Anak Didiknya Menciptakan Permainan Sehingga Otaknya Lebih Sehat

Kastara.Id,Depok - Wakil Walikota Depok Imam Budi Hartono memberikan Sambutan dalam Kegiatan Scratch Day Celebration…

KPU Depok Pastikan Tidak Diikuti Oleh Calon Perseorangan Dalam Pilkada 2024

Kastara.Id,Depok - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, Jawa Barat Wili Sumarlin memastikan pemilihan…

55 Anggota PPK Depok di Lantik Dan Langsung Berkerja Untuk Pilkada Serentak 2024

Kastara.Id,Depok - Kali ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, Jawa Barat secara  resmi melantik…

Pencabutan dan Pembatalan Surat Pernyataan Sikap

Kastara.Id,Depok - Berdasarkan  Nomor  015/BSS/PS/V-2024 TANGGAL 14 MEI 2024.  Seluruh jajaran pengurus Perkumpulan Barisan Supian…