Siddhakarya 2020

Kastara.ID, Jakarta – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi (Nakertrans) dan Energi memberikan penghargaan Siddhakarya 2020 kepada enam perusahaan di Jakarta.

Siddhakarya merupakan penganugerahan produktivitas tingkat provinsi yang diberikan oleh Gubernur setiap tahun genap dalam rangka mendorong perusahaan kecil, menengah, maupun besar untuk meningkatkan produktivitasnya.

Tahun ini, ada tiga perusahaan besar penerima penghargaan Siddhakarya yaitu PT Makmur Sejahtera Wisesa, PT Asuransi Perisai Listrik Nasional, dan PT Abuba. Kemudian, untuk perusahaan menengah diraih PT Magfood Inovasi Pangan. Sementara, dua perusahaan kecil peraih Siddhakarya 2020 yakni CV Fifi Collection dan CV N&N International.

Deputi Gubernur DKI Jakarta Bidang Perindustrian dan Perdagangan, Jupan Royter Tampubolon mengatakan, melalui penghargaan ini perusahaan diharapkan dapat melakukan benchmarking posisi perusahaan dan dapat mengetahui kekurangan perusahaan.

“Setelah mengetahui kekurangan dalam diri perusahaan, maka perusahaan kemudian dapat melakukan perencanaan strategis untuk melakukan perbaikan,” ujarnya, Kamis (10/12).

Jupan menjelaskan, perbaikan yang terus dilakukan akan membawa perusahaan makin tumbuh produktif. Produktivitas merupakan indikator penting dan tenaga penggerak pertumbuhan ekonomi perusahaan.

“Ekonomi dan usaha yang tumbuh serta berkembang cepat adalah sumber penciptaan lapangan kerja, sekaligus sumber peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat atau pekerja dan keluarganya,” terangnya.

Sementara Kepala Bidang Pelatihan dan Standarisasi Dinas Nakertrans dan Energi DKI Jakarta, Henny Mayawati menuturkan, untuk menentukan perusahaan layak memperoleh penganugerahan produktivitas tersebut dilakukan penilaian terhadap kriteria yang banyak digunakan di berbagai negara, Malcolm Baldrige Criteria.

Penilaian meliputi Kepemimpinan, Perencanaan Strategik, Fokus pada Pengembangan Kompetensi SDM dan Organisasi, Fokus pada Pelanggan dan Perluasan Pasar, Informasi dan Analisa, Manajemen Proses, Hasil usaha, serta Produktivitas.

“Kami harapkan, perusahaan yang mendapatkan penghargaan Siddhakarya di tahun ini agar tidak cepat merasa puas justru terus meningkatkan produktivitas perusahaan dan mengikuti Paramakarya di tahun depan hingga pada akhirnya menjadi world class company,” tandasnya. (hop)