Penutupan acara yang diikuti 3.492 pelajar tingkat SD, SMP sampai SMA ini dilakukan Wakil Ketua Kwartir Daerah DKI Jakarta Bidang Hubungan Antar Lembaga, Isnawa Adji.

Di acara ini, Isnawa mengucapkan terima kasih kepada panitia yang sudah mengatur kegiatan sedemikian rupa. Sehingga para peserta berkesempatan mengunjungi dan belajar ke berbagai dinas teknis di DKI.

Misalnya belajar lingkungan hidup dan persampahan dari Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta. Kemudian belajar global warming dari Dinas Pertamanan dan Hutan Kota (Tamhut) DKI Jakarta.

Termasuk belajar literasi kebencanaan psikososial dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta.

“Ini akan menjadi bekal pengalaman dan menambah wawasan mereka. Karena tidak semua anggota Pramuka berkesempatan mengikuti kegiatan ini,” ujar Isnawa, Ahad (10/12).

Isnawa berharap, peserta Jambore dan Raimuna Daerah bisa mengetuktularkan pengalaman dan pengetahuan yang didapat kepada rekan-rekan sebaya mereka di setiap sekolah.

“Sekali lagi saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut mensukseskan acara ini,” ucapnya.

Sekretaris Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Agus Ramdani meyakini, pengetahuan dan pengalaman yang diperoleh para peserta Jambore dan Raimuna Daerah ini akan menjadi suatu bekal yang berharga dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Agus juga mengharapkan, ke depan, para peserta bisa menjadi pemimpin sekaligus membawa perubahan bagi perbaikan di sekolah maupun di lingkungan.

“Selamat kepada adik-adik yang telah ikut rangkaian acara dengan semangat dan gembira. Semoga ini membekali adik-adik menjadi karakter yang semakin tangguh,” tandasnya. (hop)