Rokok

Kastara.ID, Depok – Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono mengajak warga Depok untuk meninggalkan kebiasaan merokok. Pasalnya, rokok sangat berbahaya bagi kesehatan diri sendiri dan orang lain.

“Rokok dapat menyebabkan berbagai masalah. Seperti masalah kesehatan dan ekonomi. Rokok juga menimbulkan masalah bagi mereka yang dekat dengan perokok, misalnya asap rokok yang meganggu,” ujarnya saat peluncuran Gerakan Pejuang Anti Rokok bersama Youth Ambassador secara Virtual, seperti dilansir laman resmi Pemkot Depok (11/9).

Dikatakannya, masalah kesehatan yang bisa ditimbulkan dari merokok seperti rusaknya paru-paru akibat nikotin. Kemudian gagal tumbuh atau stunting bagi keturunannya dan asap yang terhirup oleh perokok pasif dapat menyebabkan gangguan kesehatan lainnya.

“Uang yang harusnya bisa digunakan untuk membeli makanan, justru dibelikan rokok. Jika ini dilakukan secara sadar dan terus menerus, maka akan berpengaruh juga terhadap ekonomi (pengeluaran),” terangnya.

Untuk itu, Wakil Wali Kota berpesan kepada warga yang saat ini masih memiliki ketergantungan dengan rokok, agar segera meninggalkan kebiasaan buruk tersebut. Hal ini dilakukan demi kesehatan diri sendiri, keluarga, balita, dan orang di sekitarnya.

“Ayo warga Depok hentikan merokok. Gunakanlah uang yang dimiliki untuk membeli makanan atau barang yang memberikan manfaat buat mudharat,” tutupnya. (dha)