Patroli Patok

Kastara.ID, Long Bagun – Sebagai Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan yang memiliki tugas pokok menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan keamanan di wilayah perbatasan RI-MLY, Prajurit TNI Satgas Pamtas RI-MLY Yonif Raider 200/BN melaksanakan Patroli Patok.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas RI-MLY Yonif Raider 200/BN Mayor Inf Andy Irawan dalam rilis tertulisnya di Pos Kotis Desa Batu Majang, Kecamatan Long Bagun, Kabupaten Mahakam Ulu, Provinsi Kalimantan Timur, Senin (12/10).

“Salah satu tugas pokok TNI adalah mengamankan wilayah perbatasan yang diimplementasikan di antaranya dengan melaksanakan Patroli Patok,” ujar Andy.

Rute menuju patok perbatasan yang menjadi tanggung jawab Satgas Pamtas RI-MLY Yonif Raider 200/BN memiliki medan dan jalur yang cukup ekstrim dan harus melewati pegunungan, sungai, rawa dan membelah lebatnya hutan Kalimantan yang masih perawan.

Menurut Dansatgas, tujuan dilaksanakannya Patroli Patok adalah untuk mengetahui dan memastikan kondisi Patok Batas Negara tidak bergeser ataupun rusak. Karena hal ini menyangkut tentang kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Apabila ditemukan ada patok yang rusak atau hilang, akan dilaporkan untuk selanjutnya diambil langkah oleh pimpinan. (lan)