Gulkarmat

Kastara.ID, Jakarta – Sebanyak 150 petugas penyelamatan (rescue) Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta mengikuti pelatihan penanganan hewan buas dan liar.

Pelatihan berlangsung pada 12-14 November 2019 di Kantor Dinas Gulkarmat DKI Jakarta, Jalan KH Zainul Arifin, Gambir, Jakarta Pusat.

Kepala Bidang Penyelamatan Dinas Gulkarmat DKI Jakarta Muchtar mengatakan, mereka dilatih cara menangkap dan menangani buaya dan ular dengan instruktur ahli reptil dari Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

“Pelatihan ini merupakan bagian peningkatan kapasitas kemampuan para petugas damkar dalam menangani hewan buas dan liar dengan benar atau sesuai SOP,” ujarnya, Selasa (12/11).

Muchtar menjelaskan, pelatihan ini diikuti oleh petugas penyelematan perwakilan dari Sudin Gulkarmat di lima wilayah dengan harapan kemampuan dan keterampilan yang didapat petugas selama pelatihan bisa ditularkan ke petugas lain hingga di tingkat sektor.

“Akhir-akhir ini banyak permintaan masyarakat mengenai penanganan ular, biawak, dan buaya. Mereka harus punya skill tidak hanya berkaitan untuk keselamatan orang lain, tapi juga dirinya,” terangnya.

Prinsipnya, sambung Muchtar, petugas Dinas Gulkarmat harus memberikan pelayanan dan penanganan prima secepat mungkin agar masyarakat benar-benar merasakan kesigapan petugas ketika masyarakat membutuhkan bantuan atau pertolongan.

“Tupoksi kami tidak hanya berkaitan dengan penanganan kebakaran. Hal-hal lain berkaitan dengan penyelamatan kami juga harus siap,” tandasnya. (hop)