Waduk Side C

Kastara.ID, Jakarta – Pengerukan Waduk Side C di Kompleks Jakarta Garden City (JGC), Jalan Koridor BKT, RW 07, Cakung Timur, Cakung, Jakarta Timur, saat ini telah mencapai 50 persen.

Kasi Pemeliharaan Drainase Sudin Sumber Daya Air Jakarta Timur, Puryanto Palebangan mengatakan, pengerukan waduk seluas kurang lebih 22.030 meter persegi ini dimulai tanggal 28 November 2020 lalu dan ditargetkan rampung dalam dua bulan ke depan.

“Saat ini progresnya telah mencapai 50 persen, ditargetkan rampung dalam dua bulan ke depan,” kata Puryanto (12/1).

Ia menjelaskan, waduk tersebut dikeruk sedalam 2,5 hingga tiga meter. Saat ini di beberapa titik sudah ada yang kedalamannya mencapai 1,5 hingga dua meter.

Untuk pengerukan waduk, pihaknya mengerahkan sebelas unit alat berat milik UPT Alkal Dinas SDA DKI Jakarta. Dari jumlah tersebut, dua di antaranya jenis amphibious.

Kemudian tambahan satu unit alat berat jenis amphibi besar untuk membantu pembersihan tanaman jenis enceng gondok.

Selain itu pihaknya juga mengerahkan 20 unit dump truck untuk pembuangan tanah bekas galian ke kawasan Sandtrep Kanal Banjir Timur di Cakung dan kawasan Ancol, Jakarta Utara.

“Pengerukan Waduk Side C ini dilakukan untuk mengatasi banjir/genangan yang melimpas ke permukiman warga RW 06, 07, 08, Cakung Timur,” tandasnya. (hop)