Bulan Dana PMI DKI Jakarta 2019

Kastara.ID, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan secara simbolis menutup kegiatan Bulan Dana Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi DKI Jakarta Tahun 2019, di Balai Agung, Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Kamis (13/2).

Kegiatan ini telah berlangsung sejak 1 September hingga 31 Desember 2019. Dalam kesempatan ini, Gubernur Anies mengapresiasi keberhasilan dan capaian pelaksanaan Bulan Dana PMI yang terus mengalami peningkatan secara signifikan setiap tahunnya.

“Alhamdulillah kita mendengar kabar yang amat baik, bahwa apa yang sudah ditargetkan tidak (hanya) tercapai, tapi terlampaui. Jadi kita bersyukur targetnya kita meningkat 20 persen, ternyata kenaikan menjadi 35 persen. Saya ingin kesempatan ini, ketika kita berhasil melakukan pencapaian penggalangan dana, ini diteruskan sedikit untuk kampanye kesadaran tentang misi kemanusiaan yang diemban oleh PMI. Tujuannya adalah untuk membuat sebuah perasaan ikut bertanggung jawab,” ujar Anies, dikutip dari siaran pers PPID Provinsi DKI Jakarta.

Bulan Dana PMI DKI Jakarta Tahun 2019 berhasil menghimpun dana sebesar Rp 26,9 miliar. Hasil tersebut mengalami kenaikan sebesar 35 persen dibandingkan perolehan Tahun 2018. Dengan demikian, capaian Bulan Dana PMI diketahui mengalami kenaikan setiap tahunnya; pada tahun 2018 sebesar Rp 19,8 miliar (35 persen), dan tahun 2017 sebesar Rp 15,1 miliar (31 persen).

Pelaksanaan Bulan Dana PMI dilakukan tidak semata-mata untuk menghimpun dana, namun juga untuk membangun partisipasi masyarakat agar peduli membantu sesama. Sekaligus menanamkan nilai-nilai kemanusiaan dan juga rasa memiliki terhadap lembaga PMI sebagai organisasi sosial kemanusiaan.

“Harapannya nanti bulan dana ke depan, kegiatan donor darah dan semua kegiatan kemanusiaan yg dikelola oleh PMI, dapat dimulai dari masyarakat lebih banyak lagi. Karena yang dibutuhkan PMI bukan hanya dananya, tetapi banyak lagi support lain yang perlu kita dukung sama-sama,” terangnya.

Menurutnya, keberhasilan program PMI DKI Jakarta juga tidak terlepas dari dukungan dan kerjasama yang baik antara PMI dengan instansi pemerintah maupun swasta di Tingkat Provinsi maupun di Tingkat Kota/Kabupaten, termasuk partisipasi aktif masyarakat.

Diharapkan PMI DKI Jakarta dapat terus memberikan pelayanan kemanusiaan yang terbaik kepada masyarakat ibu kota Jakarta, serta terobosan-terobosan di bidang kemanusian.

“Kolaborasi dengan PMI kita teruskan. Saya berharap kerja bersama kita dituntaskan. Khusus untuk PMI, barangkali Jakarta boleh menjadi contoh. Bagaimana terobosan itu dilakukan untuk bisa dikerjakan di tempat lain di seluruh Indonesia, misalnya terkait dengan transfusi darah, program donor darah. Kami di Pemprov siap mendukung, benchmarking saja, PMI Jakarta dengan PMI-PMI di seluruh dunia, dan apa yang bisa kita lakukan untuk upgrading, Insya Allah kita dukung sama-sama,” ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Asisten Kesejahteraan Rakyat Sekda Provinsi DKI Jakarta sekaligus Ketua Panitia Bulan Dana PMI DKI Jakarta Tahun 2019, Catur Laswanto, merincikan perolehan Dana PMI Provinsi DKI Jakarta Tahun 2019 sebesar Rp 26.879.358.238 sebagai berikut:
1. PMI Kota Jakarta Timur Rp 9.422.802.614
2. PMI Kota Jakarta Selatan Rp 6.724.170.541
3. PMI Kota Jakarta Barat Rp 5.625.014.665
4. PMI Kota Jakarta Utara Rp 2.441.799.209
5. PMI Kota Jakarta Pusat Rp 2.425.645.785
6. PMI Kabupaten Kepulauan Seribu Rp 239.925.424

Hasil Bulan Dana tersebut nantinya akan dikembalikan lagi kepada masyarakat dalam berbagai bentuk pelayanan antara lain kegiatan bakti sosial, pelayanan dapur umum dan evakuasi untuk korban bencana, pembinaan generasi muda melalui wadah PMR (Palang Merah Remaja), pembinaan kader Relawan, pembinaan tenaga Pelatih dan Guru Pembina PMR, pelayanan Ambulans, pelayanan Pemulihan Hubungan Keluarga (Restory Family Links) dan operasional.

“Mudah mudahan hasil yang dikumpulkan ini bermanfaat juga buat masyarakat karena semuanya akan kita kembalikan buat masyarakat,” terang Bambang Subekti, Sekretaris PMI Provinsi DKI Jakarta.

Dalam acara ini turut dilakukan serah terima hasil Bulan Dana PMI DKI Jakarta Tahun 2018 oleh Ketua Panitia Bulan Dana DKI Jakarta Tahun 2019 kepada Sekretaris PMI Provinsi DKI Jakarta yang disaksikan oleh Gubernur Anies. Kemudian, penyerahan piagam penghargaan secara simbolis oleh Gubernur Anies kepada Perolehan Hasil Bulan Dana Tertinggi, Ketua Panitia Bulan Dana Tingkat Provinsi dan Tingkat Kota/Kabupaten, Unsur Unit pada Perangkat Daerah, Kecamatan dan Kelurahan, Unsur Sekolah SD, SMP dan SMA, Unsur BUMD/Perusahan, Unsur PMI DKI Jakarta, serta Unsur Pendukung. (hop)