Headline

Dinkes DKI Diminta Perdalam Kasus Kematian Debora

Kastara.id, Jakarta – Kementerian Kesehatan memerintahkan Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta untuk memberikan sanksi administratif berupa teguran tertulis kepada Rumah Sakit Mitra Keluarga terkait kasus meninggalnya bayi Debora Simajorang.

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Oscar Primadi mengatakan sanksi tersebut merupakan tindak lanjut dari temuan beberapa fakta yang terjadi. Fakta-fakta ini dihimpun dari beberapa laporan yang diterima, serta hasil pengamatan visual.

“Terdapat kesalahan di mana layanan administratif dan keuangan meminta pembayaran, padahal RS Mitra Keluarga sudah mengetahui sejak awal bahwa status pasien adalah peserta BPJS Kesehatan,” kata Oscar, Rabu (13/9).

Lebih lanjut Oscar mengatakan, seharusnya rumah sakit membebaskan biaya perawatan bayi. Dalam hal ini pihaknya menilai tidak sejalan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku khususnya mengenai kewajiban sosial Undang-undang Rumah Sakit No44/2009 pada ayat 1 huruf F.

Menurut Oscar, teguran tertulis yang diberikan kepada RS Mitra Keluarga melihat pertimbangan bahwa ada hal-hal positif yang telah dilakukan terhadap bayi Debora. Misalnya dengan melakukan perawatan gawat darurat kepada Debora saat pertama kali datang.

Pihak RS tidak melakukan pembiaran yang artinya dilayani dan tidak ditelantarkan. Meski begitu, Kemenkes tetap meminta Dinkes DKI Jakarta harus melakukan audit media untuk kembali memperdalam kasus kematian Debora.

“Jika ditemukan fakta-fakta baru, RS Mitra Keluarga dapat diberikan sanksi lanjutan,” ujar Oscar. (nad)

Leave a Comment

Recent Posts

Tradisi Lebaran Depok Banyak Membawa Berkah

Kastara.Id,Depok - Wali Kota Depok Mohammad Idris resmi menutup rangkaian acara Lebaran Depok tahun 2024…

Larangan Investigative Reporting Harus Dilawan

Kastara.ID, Jakarta - Investigative reporting itu dapat mengungkap atau membongkar sesuatu yang ditutup-tutupi. Hal itu…

99 Elemen Masuk Barisan di KBBI Siap Menangkan Imam Budi Hartono di Pilkada Depok

Kastara.Id,Bogor - Puluhan elemen atau relawan warga Kota Depok terhimpun dalam Keluarga Besar Bang Imam…

Selamat Ginting: Salim Said Bagai Kamus Berjalan Soal Politik dan Militer

Kastara.id,Jakarta - Pengamat politik dan militer Universitas Nasional (Unas) Selamat Ginting mengungkapkan sosok almarhum Prof…

SIT Darul Abidin Anak Didiknya Menciptakan Permainan Sehingga Otaknya Lebih Sehat

Kastara.Id,Depok - Wakil Walikota Depok Imam Budi Hartono memberikan Sambutan dalam Kegiatan Scratch Day Celebration…

KPU Depok Pastikan Tidak Diikuti Oleh Calon Perseorangan Dalam Pilkada 2024

Kastara.Id,Depok - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, Jawa Barat Wili Sumarlin memastikan pemilihan…