Fokus Depok

Senam Prolanis Raih Rekor MURI

Kastara.ID, Depok – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan menyabet rekor MURI atas kesuksesannya menggelar Pekan Senam Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) bagi peserta JKN Serentak (Pekan Semangat) di 5.400 titik. Pekan semangat ini merupakan rangkaian peringatan HUT ke-54 BPJS Kesehatan yang jatuh pada 15 Juli 2022.

Khusus di wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Kota Depok, senam Prolanis dilaksanakan serentak di 36 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP).

“Kalau di Depok diadakan 36 titik yang terlibat. Salah satunya Puskesmas Pancoran Mas yang punya Klub Prolanis yang merupakan klub program penyakit kronis,” jelas kepala BPJS Kesehatan Cabang Depok, Elisa Adam, sebagaimana dimuat situs resmi Pemkot Depok, Rabu (20/7).

Terkait penyakit kroni, Elisa menjelaskan, pada tahun 2021, biaya yang dihabiskan untuk penyakit katastropik mencapai Rp 17,915 triliun atau 24,11 persen dari total biaya pelayanan kesehatan tingkat lanjutan yang dikeluarkan BPJS Kesehatan. Oleh karena itu, pihaknya berupaya menjaga masyarakat agar sehat melalui berbagai program promotif preventif.

Sedangkan bagi masyarakat yang berisiko menderita penyakit katastropik seperti diabetes melitus dan hipertensi, ujar dia, dapat mengelola risiko tersebut melalui Program Prolanis yang juga merupakan bagian dari upaya promotif preventif perorangan peserta JKN.

“Berbagai penyakit katastropik tersebut bisa dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat. Melalui kegiatan senam ini, kami ingin mempromosikan betapa murahnya dan mudahnya menjalankan hidup sehat,” tuturnya.

“Dampak jangka panjangnya diharapkan bisa menekan jumlah penderita penyakit katastropik di Indonesia,” katanya.

Sementara Kepala Puskesmas Pancoran Mas, Sri Mahayanti menuturkan, senam prolanis menjadi salah satu untuk menangani penyakit kronis, seperti hipertensi dan diabetes melitus.

“Dalam rangka ulang tahun BPJS yang ke-54 ini, Puskesmas Pancoran Mas ditunjuk oleh BPJS untuk mengadakan senam tersebut,” tuturnya.

Dikatakannya, pihaknya memiliki program senam prolanis rutin yang digelar setiap hari Kamis dan Jumat. Selain itu, pihaknya juga melaksanakan edukasi kesehatan kepada peserta prolanis sebelum melaksanakan senam.

“Kami juga melakukan cek kesehatan seperti tensi, lingkar perut, gula dan lain-lain,” tandasnya. (dha)

Leave a Comment

Recent Posts

Yuks, merapat ke NASGOR BABE Alfie di Kota Depok

Kastara.Id.Depok - NasGor Kambing, Sapi, Ayam dan NasGor Singapore (seafood),  Tongseng Kambing/Sapi  dan Sop Iga.…

Eko Patrio Layak Jadi Menteri Komunikasi dan Informatika

Kastara.ID, Jakarta - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan mengatakan, Eko Patrio menjadi…

Supian Suri Menyanggupi Mengenai Kesiapannya Menjadi kader Partai Gerindra

Kastara.Id,Depok - Dewan Pimpinan Cabang Gerindra Kota Depok sudah sepakat untuk  membawa satu nama ke…

Partai NasDem Mendukung Imam Budi Hartono Maju Menjadi wali kota Depok

Kastara.Id,Depok - Ketua DPD Partai NasDem Kota Depok memberikan sinyal koalisi jelang pemilihan kepala daerah…

Langkah Pemkot Depok Atasi Banjir di Jalan Bulak Barat Cipayung

Kastara.Id,Depok - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, Jawa Barat melakukan langkah-langkah mengatasi banjir di Jalan Bulak…

MUI Launching Buku Berjudul Wasathiyyah

Kastara.Id,Depok - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Depok, Jawa Barat melaunching buku  Wasathiyyah yang artinya…