Kastara.ID, Papua – Menyusuri tebing curam di wilayah perbatasan RI-PNG, Satgas Pamtas Yonif 713/ST  melaksanakan patroli patok-patok batas  negara untuk menjaga kedaulatan wilayah Republik Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas RI-PNG Letkol Inf Dony Gredinand dalam keterangan tertulisnya di Papua, Sabtu (13/6).

Dikatakannya, Pos Kotis Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 713/SatyaTama kembali melaksanakan kegiatan patroli patok MM 1 yang terletak di Perbatasan RI-PNG Skouw Distrik Muara Tami Kota Jayapura Provinsi Papua.

“Untuk menjangkau patok-patok tersebut harus melalui tebing terjal dengan kemiringan yang cukup menyulitkan, namun hal tersebut harus kami lakukan untuk memastikan patok-patok batas negara tersebut tidak bergeser,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, patroli patok tersebut dipimpin oleh Pasi Intel Satgas Lettu Inf Suyono bersama dua regu personel Pos Kotis.

“Karena kondisi medan yang cukup berat, kami menyertakan dokter Satgas dan perwira topografi dalam patroli kali ini. Tujuannya untuk selalu mengecek kondisi prajurit serta memastikan bahwa patok yang ditemukan benar titik koordinatnya,” terang Dony.

Sementara itu, Dokter Aldwin yang ikut kegiatan patroli patok ini mengatakan, butuh perjuangan untuk sampai di Patok MM1 ini.

“Kami harus menuruni tebing yang cukup curam dan membutuhkan kehati-hatian dan tenaga yang prima, dan demikian juga ketika kami kembali butuh perjuangan lagi kami harus mendaki atau menaiki tebing yang tadi kami turuni,” ungkapnya.

“Ini menjadi pengalaman yang luar biasa dan membanggakan bagi saya selaku seorang dokter sekaligus memahami betapa berat tugas menjaga wilayah perbatasan,” tuturnya.

Patroli patok MM1 ini adalah yang kedua kalinya dilaksanakan. Patroli yang pertama dilaksanakan pada bulan September 2019 yang ketika itu dipimpin oleh Dansatgas langsung Letkol Inf Dony Gredinand.

Untuk menempuh Patok MM1 ini tidak mudah karena personel menempuhnya harus melewati tebing yang curam dengan bebatuan karang sehingga personel harus ektra hati-hati dan tentunya di dukung oleh fisik yang prima, dan dengan perlengkapan yang memadai seperti setiap personel dibekali tali jiwa dan tali tubuh.

Lettu Inf Suyono yang memimpin patroli patok ini bersyukur dapat melaksanakan tugas bersama timnya dengan baik. Selain itu, tim patroli juga membersihkan sekeliling patok dari rumput ilalang agar patok batas negara tersebut dapat dilihat dengan jelas dan selalu dipantau.

“Kami bersyukur patroli patok MM1 ini dapat kami lakukan dengan baik walaupun butuh perjuangan yang berat, ini semata-mata demi tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai, ” pungkasnya. (wepe)