Headline

Gulkarmat Minta Warga Mewaspadai Potensi Kebakaran di Musim Kemarau

Kastara.ID,  Jakarta – Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Sudin Gulkarmat) Jakarta Barat meminta warga waspada dengan potensi kebakaran di musim kemarau seperti saat ini.

Kasi Operasi Sudin Gulkarmat Jakarta Barat Eko Sumarno mengatakan, di musim kemarau seperti saat ini, warga diminta lebih meningkatkan kewaspadaan akan potensi kebakaran salah satunya dengan tidak membuang puntung rokok sembarangan. Sebab di sekitar banyak terdapat bahan yang mudah terbakar seperti sampah kertas, plastik, kayu daun serta rumput kering dan lain sebagainya.

“Tak lupa kami juga selalu mengingatkan warga untuk menggunakan alat listrik sesuai SNI. Sebab hampir 68 persen peristiwa kebakaran pada bulan Mei lalu terjadi akibat arus pendek listrik,” ujar Eko (13/7).

Untuk penggunaan kompos gas, sambung Eko, jika tercium bau gas, hal yang harus dilakukan yakni dengan membuka ventiliasi udara kemudian tidak langsung menyalakan peralatan listrik seperti kipas angin, saklar lampu, televisi dan lainnya sebelum bau gas tersebut hilang.

“Jika terjadi kebakaran segera hubungi 112 atau telepon di nomor (021) 56007323. Semakin cepat informasi kami terima, makin kecil kerugian yang diderita,” katanya.

Ia menambahkan, berdasarkan data pada bulan Juni 2020, di Jakarta Barat tercatat sebanyak 39 peristiwa kebakaran. Penyebab kebakaran masih didominasi korsleting listrik.

“Selama bulan Juni, 19 peristiwa kebakaran disebabkan korsleting listrik dan 17 kejadian disebabkan hal lain,” tandasnya.
 (hop)

Leave a Comment

Recent Posts

99 Elemen Masuk Barisan di KBBI Siap Menangkan Imam Budi Hartono di Pilkada Depok

Kastara.Id,Bogor - Puluhan elemen atau relawan warga Kota Depok terhimpun dalam Keluarga Besar Bang Imam…

Selamat Ginting: Salim Said Bagai Kamus Berjalan Soal Politik dan Militer

Kastara.id,Jakarta - Pengamat politik dan militer Universitas Nasional (Unas) Selamat Ginting mengungkapkan sosok almarhum Prof…

SIT Darul Abidin Anak Didiknya Menciptakan Permainan Sehingga Otaknya Lebih Sehat

Kastara.Id,Depok - Wakil Walikota Depok Imam Budi Hartono memberikan Sambutan dalam Kegiatan Scratch Day Celebration…

KPU Depok Pastikan Tidak Diikuti Oleh Calon Perseorangan Dalam Pilkada 2024

Kastara.Id,Depok - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, Jawa Barat Wili Sumarlin memastikan pemilihan…

55 Anggota PPK Depok di Lantik Dan Langsung Berkerja Untuk Pilkada Serentak 2024

Kastara.Id,Depok - Kali ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, Jawa Barat secara  resmi melantik…

Pencabutan dan Pembatalan Surat Pernyataan Sikap

Kastara.Id,Depok - Berdasarkan  Nomor  015/BSS/PS/V-2024 TANGGAL 14 MEI 2024.  Seluruh jajaran pengurus Perkumpulan Barisan Supian…