Gulkarmat

Kastara.ID,  Jakarta – Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Sudin Gulkarmat) Jakarta Barat meminta warga waspada dengan potensi kebakaran di musim kemarau seperti saat ini.

Kasi Operasi Sudin Gulkarmat Jakarta Barat Eko Sumarno mengatakan, di musim kemarau seperti saat ini, warga diminta lebih meningkatkan kewaspadaan akan potensi kebakaran salah satunya dengan tidak membuang puntung rokok sembarangan. Sebab di sekitar banyak terdapat bahan yang mudah terbakar seperti sampah kertas, plastik, kayu daun serta rumput kering dan lain sebagainya.

“Tak lupa kami juga selalu mengingatkan warga untuk menggunakan alat listrik sesuai SNI. Sebab hampir 68 persen peristiwa kebakaran pada bulan Mei lalu terjadi akibat arus pendek listrik,” ujar Eko (13/7).

Untuk penggunaan kompos gas, sambung Eko, jika tercium bau gas, hal yang harus dilakukan yakni dengan membuka ventiliasi udara kemudian tidak langsung menyalakan peralatan listrik seperti kipas angin, saklar lampu, televisi dan lainnya sebelum bau gas tersebut hilang.

“Jika terjadi kebakaran segera hubungi 112 atau telepon di nomor (021) 56007323. Semakin cepat informasi kami terima, makin kecil kerugian yang diderita,” katanya.

Ia menambahkan, berdasarkan data pada bulan Juni 2020, di Jakarta Barat tercatat sebanyak 39 peristiwa kebakaran. Penyebab kebakaran masih didominasi korsleting listrik.

“Selama bulan Juni, 19 peristiwa kebakaran disebabkan korsleting listrik dan 17 kejadian disebabkan hal lain,” tandasnya.
 (hop)