Kastara.id, Jakarta – Mantan Ketua MPR Amien Rais larut di tengah demonstran anti Ahok yang bergerak dari Masjid Istiqlal ke Balai Kota DKI Jakarta. Kepada wartawan yang menemuinya, Amien Rais mengimbau Presiden Jokowi jangan melindungi Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yang kini tengah dalam dugaan kasus penistaan agama. “Kalau dari Muhammadiyah semua mendukung untuk kasut ini diusut tuntas,” kata Amien Rais kepada wartawan di halaman Stasiun Gambir, Jumat (14/10).

Saat video Ahok di Kepulauan Seribu menjadi viral dan mengutip surat Al Maidah ayat 51, Amien Rais menjadi salah satu tokoh yang terus mendorong dugaan kasus penistaan agama oleh Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Kasusnya sendiri kini tengah diproses di Bareskrim Polri untuk diusut tuntas. Amien juga mendorong kasus yang terkait ucapan Ahok mengenai surat Al Maidah ayat 51 ini ditindaklanjuti. “Saya imbau Pak Jokowi jangan lindungi Pak Ahok itu. Ini masalah penghinaan agama. Masak katanya Al Maidah digunakan untuk membohongi. Kalau saya jadi Jokowi saya minta Bareskrim mengusut Ahok,” ujar Amien.

Dalam demo menuju Balai Kota DKI Jakarta di Jalan Medan Merdeka Selatan, Kabareskrim Komjen Ari Dono sudah bertemu dengan perwakilan massa di kantor sementara Bareskrim di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Ari juga ikut turun ke jalan dan naik ke mobil komando yang berada di Jalan Medan Merdeka Timur. “Kami akan memeriksa Pak Ahok,” ujar Ari Dono melalui pengeras suara. (raf)