Headline

Nilai Pancasila dan Budaya Betawi Diperkenalkan kepada Murid TK Assa’adah Duren Sawit

Ketua Yayasan Pendidikan Assa’adah, Munir Arsyad mengatakan, kegiatan ini digelar dalam rangka memperkenalkan budaya Betawi pada anak usia dini, sekaligus memperkenalkan nilai-nilai Pancasila pada generasi penerus bangsa. Pihaknya berkomitmen mendidik anak-anak menjadi generasi berilmu, berakhlak dan tangguh, serta mampu bersaing dengan dunia luar,

“Ini kegiatan perdana dan ke depan akan diprogramkan menjadi agenda rutin per triwulan. Karena pengenalan nilai Pancasila dan budaya Betawi perlu diperkenalkan sejak dini pada anak-anak,” ujar Munir.

Dijelaskan Munir, kegiatan yang dinamai Gebyar P-5 (Projek, Penguatan, Profil, Pelajar, Pancasila) ini mengangkat tema “Mengenal Melestarikan Kebudayaan Betawi Sejak Dini”. Selain kuliner, ditampilkan pula berbagai pentas seni, seperti Palang Pintu, Pencak Silat Betawi, Ondel-ondel, Tari Kicir-Kicir, dan lainnya.

Ketua Bamus Betawi Riano P Ahmad menyatakan, sangat mengapresiasi adanya kegiatan seperti ini. Menurutnya, ini hal langka terjadi di Jakarta dan diharapkan ke depan Taman Kanak-Kanak (TK) lain juga mengikuti kegiatan seperti ini. Mengenalkan anak usia dini tentang budaya Betawi.

“Kearifan lokal seperti ini, perlu ditingkatkan. Agar budaya Betawi tidak punah, anak usia dini memang harus diperkenalkan. Bamus Betawi menyambut baik kegiatan ini dan diharapkan dapat ditingkatkan,” tukas Riano.

Sementara Lurah Pondok Kelapa, Rasikin menambahkan, sangat bersyukur karena ada sekolah TK yang menyelenggarakan kegiatan seperti ini. Selama ini biasanya hanya ada di sekolah dasar (SD,). Diharapkan, melalui kegiatan ini generasi muda memahami budaya Betawi dan makna Pancasila sejak dini.

“Ini luar biasa, karena sejak dini anak sudah dikenalkan soal nilai-nilai Pancasila dan budaya Betawi. Karena itu diharapkan terlahir calon pemimpin bangsa dari TK Assa’adah ini,” tandasnya. (hop)

Leave a Comment

Recent Posts

Yuks, merapat ke NASGOR BABE Alfie di Kota Depok

Kastara.Id.Depok - NasGor Kambing, Sapi, Ayam dan NasGor Singapore (seafood),  Tongseng Kambing/Sapi  dan Sop Iga.…

Eko Patrio Layak Jadi Menteri Komunikasi dan Informatika

Kastara.ID, Jakarta - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan mengatakan, Eko Patrio menjadi…

Supian Suri Menyanggupi Mengenai Kesiapannya Menjadi kader Partai Gerindra

Kastara.Id,Depok - Dewan Pimpinan Cabang Gerindra Kota Depok sudah sepakat untuk  membawa satu nama ke…

Partai NasDem Mendukung Imam Budi Hartono Maju Menjadi wali kota Depok

Kastara.Id,Depok - Ketua DPD Partai NasDem Kota Depok memberikan sinyal koalisi jelang pemilihan kepala daerah…

Langkah Pemkot Depok Atasi Banjir di Jalan Bulak Barat Cipayung

Kastara.Id,Depok - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, Jawa Barat melakukan langkah-langkah mengatasi banjir di Jalan Bulak…

MUI Launching Buku Berjudul Wasathiyyah

Kastara.Id,Depok - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Depok, Jawa Barat melaunching buku  Wasathiyyah yang artinya…