JPO Kali Sentiong

Kastara.ID, Jakarta – Warga Kelurahan Tanah Tinggi dan Kampung Rawa, Kecamatan Johar Baru, Jakarta Pusat, meminta Suku Dinas Bina Marga untuk membongkar jembatan penyeberangan orang (JPO) Kali Sentiong yang menghubungkan dua wilayah ini.

Menurut Camat Johar Baru, Nurhelmi Savitri, aspirasi pembongkaran ini disampaikan warga karena JPO tersebut kerap dijadikan akses tawuran anak-anak muda dari Kampung Rawa dan Tanah Tinggi.

“Aspirasi warga sudah kami tindaklanjuti ke Sudin Bina Marga Jakarta Pusat. Namun, pembongkaran jembatan itu harus dilakukan dengan penghapusan aset terlebih dahulu,” kata Nurhelmi (14/4).

Ia memparkan, sejumlah lokasi tawuran antar remaja yang kerap terjadi di Johar Baru di antaranya Jalan Kramat Jaya Baru RW 01, RW 10 Tanah Tinggi. Serta sepanjang bantaran kali Sentiong dan yang paling terkenal adalah Kota Paris.

“Kelurahan Tanah Tinggi dan Kampung Rawa yang kerap terjadi tawuran yang meresahkan warga,” paparnya.

Sementara Kepala Seksi (Kasie) Jembatan dan Jalan Suku Dinas Binamarga, Yudha Catur Suhartanto menjelaskan, JPO yang dimohon warga untuk dibongkar merupakan aset Dinas Bina Marga DKI Jakarta. Karena itu, harus diajukan dulu penghapusan aset ke Badan Pengelola Aset Daerah (BPAD) Provinsi DKI Jakarta.

“Kami sudah mengajukan permohonan ke Badan Pengelola Aset Daerah (BPAD) Provinsi DKI Jakarta pada awal Maret 2021 untuk penghapusan aset sebelum dilakukan pembongkaran,” tandasnya. (hop)