Headline

Anies Enggan Ajak Artis di Program Vaksinasi Covid-19

Kastara.ID, Jakarta – Pemprov DKI Jakarta secara resmi meluncurkan program vaksinasi Covid-19. Acara peluncuran dilakukan di Balai Kota Jakarta, kemarin (15/1). Namun pada acara yang mengundang sejumlah tokoh itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur Ahmad Riza Patria tidak disuntik vaksin. Pasalnya kedua pimpinan ibu kota itu merupakan penyintas atau orang yang sebelumnya pernah terinfeksi Covid-19.

Pada acara tersebut Anies mengatakan pihaknya sengaja tidak mengundang artis, selebriti atau influencer. Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) ini menjelaskan berdasarkan hasil survei ada tiga kelompok yang paling mempengaruhi masyarakat dalam penanganan Covid-19. Artis, selebriti dan influencer tidak termasuk dalam kelompok tersebut.

Anies menyebut tiga kelompok itu adalah dokter dan pakar kesehatan, pejabat publik serta tokoh masyarakat. Itulah sebabnya pada acara tersebut, Pemprov DKI Jakarta mengundang sejumlah tokoh dan pejabat guna menerima suntikan vaksin Covid-19.

Mereka antara lain Wakil Sekretaris Jenderal Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Ferry Rahman, Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Syamsul Ma’arif, Wakil Kejaksaan Tinggi DKI Supardi, Kepala Penerangan Kodam Jaya Kolonel Herwin Budi Saputra, serta Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Yusri Yunus.

Sebelum menjalani vaksinasi Covid-19, para pejabat dan tokoh masyarakat harus menjalani pemeriksaan kesehatan. Jika saat proses penapisan atau penyaringan memenuhi kriteria, petugas akan melakukan vaksinasi terhadap mereka. Pemprov DKI Jakarta menargetkan sebanyak 7.610.198 jiwa dengan rentang usia 18-59 tahun akan menerima vaksinasi.

Pada tahap pertama, vaksinasi diberikan kepada tenaga kesehatan sebanyak 131.000 orang, dengan target penyelesaian selama dua bulan. Setiap orang akan menerima vaksin sebanyak dua dosis dengam jarak 14 hari.

Keputusan Anies tidak mengundang artis dan influencer berbeda dengan pemerintah pusat. Saat melaksanakan vaksinasi perdana, Rabu (13/1), Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengundang sejumlah pesohor seperti Najwa Shihab, Dokter Tirta, Bunga Citra Lestari, dan Raffi Ahmad. Mereka disuntik vaksin bersama dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). (hop)

Leave a Comment

Recent Posts

KPU Depok Pastikan Tidak Diikuti Oleh Calon Perseorangan Dalam Pilkada 2024

Kastara.Id,Depok - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, Jawa Barat Wili Sumarlin memastikan pemilihan…

55 Anggota PPK Depok di Lantik Dan Langsung Berkerja Untuk Pilkada Serentak 2024

Kastara.Id,Depok - Kali ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, Jawa Barat secara  resmi melantik…

Pencabutan dan Pembatalan Surat Pernyataan Sikap

Kastara.Id,Depok - Berdasarkan  Nomor  015/BSS/PS/V-2024 TANGGAL 14 MEI 2024.  Seluruh jajaran pengurus Perkumpulan Barisan Supian…

Selamat Ginting: Jurnalisme Investigasi Berkontribusi Terhadap Pemerintahan Demokrati

Kastara.Id,Jakarta - Pengamat politik Universitas Nasional (Unas) Selamat Ginting menegaskan, jurnalisme investigasi keberadaannya sangat penting…

Selamat Ginting : Demokrasi Asli Indonesia Sumbernya Semangat Kolektivisme

Kastara.Id,Jakarta - Pengamat politik Universitas Nasional (Unas) Selamat Ginting mengungkapkan, demokrasi asli Indonesia sumbernya adalah…

POPWILDA wilayah I Jabar di Ikuti Tujuh Daerah.

Kastara.Id,Depok - Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono melepas ratusan atlet yang akan mengikuti…