MotoGP 2020

Kastara.ID, Cervera – Memasuki musim balap 2020, pembalap Spanyol Alex Marquez naik kelas ke MotoGP menggantikan pembalap Spanyol lainnya, Jorge Lorenzo. Ya, Alex hanya mendapat kontrak satu tahun, bertandem dengan sang kakak, Marc Marquez.

Marquez sendiri kini sudah mendapat perpanjangan kontrak hingga empat musim sekaligus menjadi menjadi Honda hingga akhir 2024.

Kontrak pendek yang didapat Alex digadang-gadang karena menyesuaikan dengan durasi mayoritas pasar transfer, karena kebanyakan pembalap akan habis masa kontraknya di akhir 2020 ini. Tentu saja jika ingin tetap bertahan dengan Honda, ada syarat yang harus dipenuhinya.

Manajer tim Repsol Honda Alberto Puig mengisyaratkan Alex wajib menampilkan performa terbaiknya sebelum membahas perpanjangan kontrak. “Dia mendapat kontrak satu tahun, sepertinya sudah benar memberi dia kesempatan itu. Sekarang kami menunggu untuk bisa kembali ke lintasan dan melihat apa yang bisa ia lakukan,” papar Puig seperti dilansir di laman resmi MotoGP.

Hngga kini, sejak merebaknya virus Corona, belum ada balapan kelas utama yang digelar. Tapi penampilan juara dunia Moto2 2019 itu dalam tes pra-musim agak mengkhawatirkan.

Walau hasil tes tak bisa jadi patokan tunggal, tapi Alex tertinggal jauh di kelompok belakang. Kondisi tersebut dipahami pihak Honda mengingat seorang pembalap baru butuh waktu untuk terbiasa dengan tunggangannya.

“Jelas bukan awal yang mudah bagi Alex. Saya yakin kami bisa memberi dia sebuah motor yang berbeda, dan kami sudah memikirkan hal itu,” kata Puig.

“Memang tak akan mudah baginya, tapi saat dia mulai lebih nyaman dengan Honda, dia akan mulai menunjukkan potensinya,” imbuh Puig.

Perhelatan MotoGP musim ini rencananya bakal diatur ulang jadwalnya dengan menggunakan kalender. MotoGP direncanakan digelar di seri pembuka 19 Juli mendatang di Sirkuit Jerez. (tra)