Bank Sampah Citra Indah

Kastara.ID, Jakarta – Bank Sampah Citra Indah yang dibentuk warga RW 03 Kelurahan Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, Jakarta Utara, resmi beroperasi. Selain berkontribusi bagi peningkatan ekonomi keluarga, keberadan bank sampah diproyeksikan sebagai upaya mengatasi persoalan lingkungan di Kali Cakung Lama.

Camat Kelapa Gading M Harmawan mengatakan, di tengah situasi pandemi saat ini pengumpulan sampah oleh warga sangat berkontribusi bagi penguatan ekonomi keluarga.

Dijelaskan Harmawan, keberadaan bank sampah Sampah Citra Indah RW 03 Pegangsaan Dua merupakan yang ke 35 didirikan di wilayah permukiman.

“Dengan melakukan pemilahan sejak dari rumah, volume sampah yang dibuang akan semakin berkurang,” ujarnya (15/7).

Lurah Pegangsaan Dua, Suci Cinthya Pola menambahkan, Bank Sampah Citra Indah RW 03 merupakan yang unit kelima berdiri di lingkungan permukiman. Keberadaannya di kawasan bantaran Kali Cakung Lama diharap mampu berkontribusi terhadap kebersihan kali.

“Dengan meningkatnya kepedulian terhadap lingkungan, hasilnya kita berharap kebersihan kali sehingga bisa meminimalisir sumbatan yang berpotensi memicu genangan,” tandasnya. (hop)