Headline

Jimly Sebut Aktivis KAMI Tidak Pantas Ditahan dan Diborgol

Kastara.ID, Jakarta – Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Jimly Asshiddiqie menyesalkan tindakan polisi terhadap para aktivis Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI). Jimly menyebut tidak sepantasnya Syahganda Nainggolan, Jumhur Hidayat, Anton Pramana, Kinkin Aninda, dan kawan-kawan diperlakukan layaknya penjahat.

Tindakan mempertontonkan mereka saat polisi menggelar konferensi pers dinilai Jimly sangat tidak pantas. Terlebih para aktivis ditampilkan dengan mengenakan baju tahanan dan tangan diborgol.

Melalui cuitan di akun twitternya, @jimlyAS yang dikutip Jumat (16/10), Ketua Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) ini mengatkan, ditahan saja sudah tidak pantas. Apalagi sampai para aktivis itu diborgol tangannya hanya untuk kepentingan disebarluaskan.

Jimly menambahkan, sebagai pengayom warga, seharusnya polisi lebih bijaksana dalam menegakkan keadilan dan kebenaran. Ia pun menyarankan aparat keamanan mencari orang jahat dan bukan orang salah atau sekadar ‘salah.’

Lebih jauh pakar hukum tata negara ini menjelaskan, saat ini penjara di Indonesia sudah kelebihan kapasitas, bahkan mencapai 300 persen. Sayangnya, penghuni penjara bukanlah orang jahat, melainkan hanya lantaran beda pendapat. Jimly menegaskan penjara bukan tempat untuk orang yang beda pendapat.

Jimly menegaskan, beda pendapat seharusnya diselesaikan dengan dialog. Bukan dengan menangkap dan memasukkan ke dalam penjara.

Hingga saat ini delapan anggota KAMI masih menjadi penghuni ruang tahanan  Badan Reserse Kriminal (Bareskrm) Mabes Polri. Bahkan para aktivis dilarang ditemui dan dijenguk oleh pimpinan KAMI.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Argo Yuwono saat memberikan keterangan (15/10) mengatakan, para aktivis ditahan atas dugaan terlibat dalam kerusuhan aksi demo menolak UU Ciptaker. Para aktivis disangka telah melanggar UU Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE). (ant)

Leave a Comment

Recent Posts

Tradisi Lebaran Depok Banyak Membawa Berkah

Kastara.Id,Depok - Wali Kota Depok Mohammad Idris resmi menutup rangkaian acara Lebaran Depok tahun 2024…

Larangan Investigative Reporting Harus Dilawan

Kastara.ID, Jakarta - Investigative reporting itu dapat mengungkap atau membongkar sesuatu yang ditutup-tutupi. Hal itu…

99 Elemen Masuk Barisan di KBBI Siap Menangkan Imam Budi Hartono di Pilkada Depok

Kastara.Id,Bogor - Puluhan elemen atau relawan warga Kota Depok terhimpun dalam Keluarga Besar Bang Imam…

Selamat Ginting: Salim Said Bagai Kamus Berjalan Soal Politik dan Militer

Kastara.id,Jakarta - Pengamat politik dan militer Universitas Nasional (Unas) Selamat Ginting mengungkapkan sosok almarhum Prof…

SIT Darul Abidin Anak Didiknya Menciptakan Permainan Sehingga Otaknya Lebih Sehat

Kastara.Id,Depok - Wakil Walikota Depok Imam Budi Hartono memberikan Sambutan dalam Kegiatan Scratch Day Celebration…

KPU Depok Pastikan Tidak Diikuti Oleh Calon Perseorangan Dalam Pilkada 2024

Kastara.Id,Depok - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, Jawa Barat Wili Sumarlin memastikan pemilihan…