Headline

Kelaikan Kendaraan Angkutan Nataru Diperiksa Dishub

Kastara.ID, Jakarta – Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta bersama Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) melaksanakan pemeriksaan kelaikan kendaraan (ramp check) angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2019/2020.

Pelaksanaan ramp check dimulai sejak tanggal 20 November sampai dengan 18 Desember 2019.

Kepala Unit Pengelola Terminal Angkutan Jalan, Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Muslim mengatakan, ramp check dilaksanakan di terminal-terminal utama seperti, Terminal Kalideres, Tanjung Priok, Terminal Terpadu Pulogebang, dan Terminal Kampung Rambutan.

Dikatakan Muslim, selain di terminal utama, ramp check juga dilaksanakan di empat pul bus yang ada di Jabodetabek.

“Untuk di Terminal Utama yang ramp check itu bus reguler, sedangkan untuk pul bus yang ramp check sasarannya bus-bus pariwisata yang akan disewa oleh masyarakat,” ujar Muslim, Senin (16/12).

Ditegaskan Muslim, kelaikan operasional bus-bus pariwisata tidak luput dari pemeriksaan petugas karena permintaan masyarakat terhadap bus pariwisata cukup tinggi saat masa liburan.

“Kami sudah prediksi tanggal 21 Desember sampai tanggal 4 Januari 2020 mobilitas bus pariwisata banyak, permintaannya tinggi. Maka itu, kami juga lakukan ramp check terhadap bus-bus pariwisata sebelum hari H Operasi Angkutan Nataru tanggal 19 Desember 2019 nanti,” ungkap Muslim.

Muslim menjelaskan, bus diizinkan beroperasi apabila rem, setir, dan lampu berfungsi dengan baik. Selain itu bus juga wajib dilengkapi alat pembersih kaca depan kendaraan (wiper), alat pemecah kaca, APAR, serta tidak menggunakan ban vulkanisir.

“Itu mutlak, kami tidak akan memberangkatkan sebelum bus tersebut sesuai dengan standar keselamatan dan kelaikan operasi,” ucap Muslim.

Ditambahkan Muslim, ramp check merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan keselamatan pengguna angkutan umum sekaligus untuk mengurangi angka kecelakaan.

“Pemeriksaan kendaraan untuk memastikan armada yang disiapkan PO itu laik jalan. Kegiatan ini adalah upaya dalam rangka menjamin keselamatan, kenyamanan, dan kelancaran penumpang selama operasi Nataru 2019/2020,” tandas Muslim. (hop)

Leave a Comment

Recent Posts

KPU Depok Pastikan Tidak Diikuti Oleh Calon Perseorangan Dalam Pilkada 2024

Kastara.Id,Depok - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, Jawa Barat Wili Sumarlin memastikan pemilihan…

55 Anggota PPK Depok di Lantik Dan Langsung Berkerja Untuk Pilkada Serentak 2024

Kastara.Id,Depok - Kali ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, Jawa Barat secara  resmi melantik…

Pencabutan dan Pembatalan Surat Pernyataan Sikap

Kastara.Id,Depok - Berdasarkan  Nomor  015/BSS/PS/V-2024 TANGGAL 14 MEI 2024.  Seluruh jajaran pengurus Perkumpulan Barisan Supian…

Selamat Ginting: Jurnalisme Investigasi Berkontribusi Terhadap Pemerintahan Demokrati

Kastara.Id,Jakarta - Pengamat politik Universitas Nasional (Unas) Selamat Ginting menegaskan, jurnalisme investigasi keberadaannya sangat penting…

Selamat Ginting : Demokrasi Asli Indonesia Sumbernya Semangat Kolektivisme

Kastara.Id,Jakarta - Pengamat politik Universitas Nasional (Unas) Selamat Ginting mengungkapkan, demokrasi asli Indonesia sumbernya adalah…

POPWILDA wilayah I Jabar di Ikuti Tujuh Daerah.

Kastara.Id,Depok - Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono melepas ratusan atlet yang akan mengikuti…