Wisata Literasi

Kastara.ID, Jakarta – Dalam rangka memperingati Hari Buku Nasional, Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Sudin Pusip) Jakarta Pusat, Selasa (17/5), menggelar wisata literasi di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Kaffah Islamic School dan MIS Istiqlal Jakarta. Kegiatan dilakukan secara offline dan online mulai pukul 08.30-13.00 WIB.

Kepala Sudin Pusip Jakarta Pusat, Irwan Septinadi mengatakan, kegiatan ini menghadirkan pendongeng dari Ventriloquist Indonesia, Ani Ummu Hani. Lalu pengajar dan penulis buku anak, Yeni Budi Rahman, serta ilustrator buku anak, Ika Tantri Apsitasar.

“Wisata literasi ini dilaksanakan dengan mendatangi sekolah-sekolah yang sudah dibagi sesuai jadwal. Untuk hari ini, kegiatan dilakuka di dua sekolah, yaitu SDIT Kaffah Islamic School dan MIS Istiqlal Jakarta,” tutur Irwan.

Selain memperkenalkan perpustakaan di Jakarta Pusat, menurut Irwan, kegiatan ini juga untuk menambah pengetahuan dan menumbuhkan minat baca para siswa dengan cara yang menyenangkan.

“Selama pandemi, ini baru pertama kali dilaksanakan secara offline,” ungkapnya.

Dengan dukungan dari banyak pihak, Irwan berharap, kegiatan seperti ini dapat terus berjalan agar tujuan utama mencerdaskan generasi bangsa dapat berjalan dengan optimal.

“Melalui kolaborasi seperti ini, kami berharap upaya meningkatkan literasi bagi masyarakat dapat tercapai dengan optimal,” pungkasnya. (hop)