Headline

RDP Dua Raperda Transportasi Digelar Bapemperda DPRD DKI

Kastara.ID, Jakarta – Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD DKI Jakarta menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) terkait Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Rencana Induk Transportasi dan Pengendalian Lalu Lintas Secara Elektronik (PL2SE). RDP yang dilaksanakan secara hybrid ini untuk menerima masukan dan aspirasi terhadap dua raperda tersebut.

Ketua Bapemperda DPRD DKI Jakarta, Pantas Nainggolan mengatakan, masukan dan aspirasi pada RDP ini sangat berharga bagi jajarannya dalam memperkaya proses pembahasan raperda, karena sangat sinkron dengan transportasi yang ada di Jakarta.

“Kami sangat terbuka terhadap berbagai masukan yang diharapkan dapat memberikan manfaat terbaik kepada masyarakat Jakarta,” katanya (16/8).

Pantas berharap, setelah mendapatkan masukan dari segenap stakeholder di Jakarta, ke depannya dua raperda ini mampu mengatasi masalah klasik di Jakarta seperti kemacetan, polusi dan tertib lalu lintas.

“Mudah-mudahan kebijakan yang berkaitan ini mampu mengurangi masalah lalu lintas di Jakarta dengan memanfaat teknologi-teknologi yang ada. Sehingga kemacetan berkurang banyak warga yang pindah moda transportasi, masyarakat juga lebih tertib lalu lintas,” ungkapnya.

Sementara Korps Lalu Lintas Polda Metro Jaya yang diwakilkan Kombes Sulaiman menyatakan, pihaknya mendukung adanya dua raperda karena dinilai dapat mengurangi pelanggaran lalu lintas pada pengguna kendaraan roda dua dan empat.

Menurutnya, perkembangan di Jakarta sudah cukup bagus, dengan berbagai moda transportasi umum mulai dari MRT, LRT hingga armada bus listrik. Diharapkan, nantinya akan lebih banyak warga yang pindah ke transportasi umum sehingga kemacetan berkurang.

“Kemudian dengan PL2SE ini juga lebih menertibkan masyarakat. Tapi kami juga menyarakan selain dengan ETLE setiap petugas lalin dapat menggunakan Kopek (Kamera Portable Penindakan Kendaraan Bermotor) seperti yang ada di Jawa Tengah,” bebernya.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, Syafrin Liputo, menyampaikan terima kasih atas masukan dan aspirasi dari seluruh stakeholder.

Diungkapkan Syafrin, kedua raperda ini tentu sudah dilakukan kajian secara komperhensif mulai dari aspek filosofi, yuridis, dan sosiologis. Pihaknya juga sudah berkolaborasi dengan Polda Metro Jaya, terkait pemasangan ETLE yang saat ini sudah terpasang 60 titik lokasi di Jakarta. Pada 2023 akan ada penambahan ETLE sebanyak 70 titik lokasi.

“Dua raperda ini sangat penting untuk mengatasi masalah di Jakarta. Salah satunya kita melihat dari aspek filosofisnya masyarakat Jakarta harus ada perubahan paradigma penanganan permasalahan trasnportasi yang sebelumnya dari Car Oriented Davelopment (COD) menjadi Transit Oriented Davelopment (TOD). Begitu juga dengan pemasangan ETLE yang kami harapkan lalin di Jakarta akan semakin lancar dan stabil,” tuturnya. (hop)

Leave a Comment

Recent Posts

Yuks, merapat ke NASGOR BABE Alfie di Kota Depok

Kastara.Id.Depok - NasGor Kambing, Sapi, Ayam dan NasGor Singapore (seafood),  Tongseng Kambing/Sapi  dan Sop Iga.…

Eko Patrio Layak Jadi Menteri Komunikasi dan Informatika

Kastara.ID, Jakarta - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan mengatakan, Eko Patrio menjadi…

Supian Suri Menyanggupi Mengenai Kesiapannya Menjadi kader Partai Gerindra

Kastara.Id,Depok - Dewan Pimpinan Cabang Gerindra Kota Depok sudah sepakat untuk  membawa satu nama ke…

Partai NasDem Mendukung Imam Budi Hartono Maju Menjadi wali kota Depok

Kastara.Id,Depok - Ketua DPD Partai NasDem Kota Depok memberikan sinyal koalisi jelang pemilihan kepala daerah…

Langkah Pemkot Depok Atasi Banjir di Jalan Bulak Barat Cipayung

Kastara.Id,Depok - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, Jawa Barat melakukan langkah-langkah mengatasi banjir di Jalan Bulak…

MUI Launching Buku Berjudul Wasathiyyah

Kastara.Id,Depok - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Depok, Jawa Barat melaunching buku  Wasathiyyah yang artinya…