Ratusan peserta berusia 15-60 tahun dari berbagai daerah di Indonesia ini terbagi dalam lima cabang tembak yakni Tembak Sasaran, Tembak Reaksi, Tembak Berburu, Executive dan Precison, Tembak Dueling.

Penjabat (Pj) Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Heru Budi Hartono mengatakan, Gubernur DKI Jakarta Cup 2023 merupakan kejuaraan menembak yang pertama kali serta hasil sinergi dengan Persatuan Menembak Indonesia (Perbakin). Dia berharap kegiatan bisa dilaksanakan secara rutin.

“Tujuannya adalah silaturahmi bersama kita di wilayah DKI Jakarta dengan segenap TNI/Polri dan bisa mendapatkan bibit untuk masuk di dalam kejuaran nasional maka hari ini kita undang KONI,” ujar Heru, Ahad (17/9).

Heru juga mengajak tamu undangan yang hadir untuk mengikuti pertandingan menembak eksibisi kategori Dueling. Pada kesempatan itu, dia juga mengapresiasi BUMD yang ikut berkontribusi mensukseskan kejuaraan ini.

“Bulan November ada namanya Bank DKI Cup mudah-mudahan para pejabat DKI, Dirut dan pegawai jajaran BUMD bisa ditularkan hobi menembaknya,” kata Heru.

Sementara Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi DKI Jakarta, selaku Ketua Panitia Kejuaran Menembak Tingkat Nasional Gubernur DKI Jakarta Cup 2023, Arifin mengatakan, digelarnya kejuaraan ini bertujuan membangun sarana untuk mendorong pengembangan olahraga menembak di tingkat Nasional. Selain itu, menghadirkan kembali kejuaraan menembak tingkat nasional yang sudah sekian tahun tidak terselenggarakan.

“Tujuan kegiatan ini menumbuhkembangkan semangat olahraga dan menghadirkan panggung kompetisi yang berkualitas bagi para penembak berbakat. Sekaligus sebagai ajang untuk mempersiapkan para atlet terbaik dalam pra kualifikasi PON tahun 2024,” tandas Arifin. (hop)