Headline

Komunitas Disarankan Kedepankan Dialog Pemanfaatan Jalur Sepeda

Kastara.ID, Jakarta – Pengamat Tata Kota, Nirwono Yoga menyarankan Komunitas Bike To Work (B2W) mengajukan usulan atau rekomendasi kepada Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono terkait pembenahan dan pemanfaatan jalur sepeda di Jakarta.

Menurutnya, pengajuan usulan lebih baik ketimbang komunitas B2W yang akan menggugat Pemprov DKI ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta atas dugaan malpraktik tata kota.

“Sebaiknya komunitas B2W mengedepankan dialog untuk menyampaikan masukan atau rekomendasi seputar pembangunan dan pemanfaatan jalur sepeda secara langsung ke Pj Gubernur DKI Jakarta,” ujar Nirwono Yoga (17/1).

Bahkan, menurut Nirwono, komunitas B2W juga dapat membantu Dinas Perhubungan DKI Jakarta guna mengajak masyarakat bersepeda, menjaga dan memanfaatkan jalur sepeda yang sudah dibangun oleh Pemprov DKI Jakarta seoptimal mungkin.

“Sehingga ifrastruktur jalur sepeda yang telah dibagun dapat dirasakan manfaatnya bagi warga Jakarta,” tuturnya.

Ia mengungkapkan, komunitas B2W juga dapat mendampingi Dinas Perhubungan DKI untuk menyempurnakan dan merawat jalur sepeda yang telah terbangun.

“Serta membantu, merencanakan atau mengembangkan jalur sepeda baru ke depan esuai kebutuhan warga pengguna sepeda agar impian kota ramah sepeda terwujud bersama di Jakarta,” ungkapnya.

Ia juga meminta Dinas Perhubungan DKI menjaga, mengawasi serta menertibkan jalur sepeda yang sudah terbangun dari  berbagai bentuk pelanggaran.

“Jalur sepeda di Jakarta harus steril dari pelanggaran seperti digunakan menjadi area parkir liar dan sebagainya,” paparnya.

Menurut Nirwono, Pemprov DKI Jakarta merupakan pemda yang paling serius dan konsen terhadap pembangunan infrastruktur pesepeda.

“Keseriusan Pemprov DKI Jakarta patut diapresiasi dan didukung masyarakat. Bila masih banyak kekurangan, peranan komunitas B2W dibutuhkan untuk memperbaiki dan mempercepat terwujudnya kota ramah sepeda di Jakarta,” paparnya.

Ia menambahkan, Jakarta harus menjadi kota ramah pesepeda sehingga infrastruktur hendaknya terus dibangun, meskipun jumlah pengguna masih sedikit.

“Dengan tersedianya infrastruktur jalur sepeda, masyarakat justru didorong untuk kembali bersepeda dalam jarak dekat saat beraktivitas harian sebagai bagian dari upaya mengurai kemacetan, mengurangi polusi udara dan membuat badan sehat,” tandasnya. (hop)

Leave a Comment

Recent Posts

Pencabutan dan Pembatalan Surat Pernyataan Sikap

Kastara.Id,Depok - Berdasarkan  Nomor  015/BSS/PS/V-2024 TANGGAL 14 MEI 2024.  Seluruh jajaran pengurus Perkumpulan Barisan Supian…

Selamat Ginting: Jurnalisme Investigasi Berkontribusi Terhadap Pemerintahan Demokrati

Kastara.Id,Jakarta - Pengamat politik Universitas Nasional (Unas) Selamat Ginting menegaskan, jurnalisme investigasi keberadaannya sangat penting…

Selamat Ginting : Demokrasi Asli Indonesia Sumbernya Semangat Kolektivisme

Kastara.Id,Jakarta - Pengamat politik Universitas Nasional (Unas) Selamat Ginting mengungkapkan, demokrasi asli Indonesia sumbernya adalah…

POPWILDA wilayah I Jabar di Ikuti Tujuh Daerah.

Kastara.Id,Depok - Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono melepas ratusan atlet yang akan mengikuti…

Rombongan Pelajar SMK Lingga Kencana Depok Mengalami Kecelakaan di Kawasan Wisata Ciater

Kastara.Id,Depok - Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengungkapkan, bus rombongan SMK Lingga Kencana yang terguling…

Seluruh Biaya Perawatan Korban Kecelakaan Bus Pariwisata Ditanggung Pemerintah Kota (Pemkot) Depok

Kastara.Id,Depok - Seluruh biaya perawatan korban kecelakaan bus pariwisata yang mengangkut siswa SMK Lingga Kencana,…