Kastara.ID, Jakarta – Kelompok Jund Aslamah dari Jakarta Pusat, berhasil meraih juara pertama Festival Marawis Forum Pemuda Peduli Jakarta (FPPJ) di Gelanggang Remaja Kecamatan Pulo Gadung, Jalan Raya Pemuda, Jakarta Timur (17/7).

Untuk juara kedua diraih Al-Muawanah dari Jakarta Pusat dan grup marawis Ruhama dari Jakarta Barat menyabet juara ketiga. Pemenang mendapatkan piala, piagam penghargaan, dan uang pembinaan.

Ketua Umum FPPJ, Endriansah mengatakan, kegiatan ini bertujuan memfasilitasi generasi muda di Jakarta untuk berkegiatan positif.

“Festival Marawis FPPJ ini diikuti 10 peserta perwakilan dari lima wilayah kota,” katanya.

Ia berharap, kegiatan ini ke depan bisa menjadi agenda tahunan yang dimotori FPPJ berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dan para stakeholder.

“Semoga kegiatan ini di tahun-tahun mendatang bisa diadakan mulai dari tingkat kota hingga provinsi. Kita ingin generasi muda di Jakarta terus melestarikan Marawis yang merupakan akulturasi seni budaya Timur Tengah dengan Betawi,” bebernya.

Personel grup marawis Jund Aslamah, Muhammad Riadul, mengaku senang bisa mendapatkan juara pertama dalam festival ini.

“Alhamdulillah kami berhasil menjadi yang terbaik. Kami biasa rutin berlatih seminggu empat kali,” tuturnya.

Sementara Legislator DPRD DKI Jakarta periode 2009-2014 dan 2014-2019, Endah S Pardjoko mengapresiasi pelaksanaan Festival Marawis FPPJ ini.

“Ini bagian dari seni religi yang harus dilestarikan. Saya ingin pembinaan para pemuda-pemudi di grup-grup marawis ini bisa terus diperhatikan, termasuk kebutuhan peralatannya,” tandasnya.

Untuk diketahui, bertindak sebagai dewan juri dalam Festival Marawis FPPJ ini, Muhammad Fikri; Septian Rizqi; dan Bayu S. (hop)