Hari Nugroho

Kastara.ID, Jakarta – Dinas Bina Marga DKI Jakarta akan membangun jembatan di empat lokasi tahun ini. Pembangunan jembatan dilakukan untuk lebih mendukung mobilitas warga.

Keempat lokasi jembatan yang akan dibangun yakni di Jalan Lodan dan Jalan Pluit Selatan Raya, Jakarta Utara; jembatan sejajar rel Pasar Minggu, Jakarta Selatan; dan akses Rusun Pesakih, Cengkareng, Jakarta Barat.

Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugroho mengatakan, untuk tahun 2019 biaya pembangunan keempat jembatan itu dianggarakan Rp 64,9 miliar. Sementara di tahun 2020 akan dianggarkan sebesar Rp 130,6 miliar. “Kami menggunakan skema multi years untuk pembangunan jembatan itu,” ujarnya, Selasa (19/2).

Dijelaskan Hari, jembatan akan dibangun seideal mungkin sesuai dengan trase jalan dan memiliki lebar yang mendukung arus lalu lintas kendaraan di lokasi. “Jembatan juga akan dilengkapi dengan trotoar ramah pejalan kaki,” terangnya.

Menurutnya, untuk jembatan akses Rusun Pesakih dan sejajar rel Pasar Minggu saat ini dalam tahap penyusunan dokumen lelang fisik. “Kami memperkirakan pertengahan tahun sudah bisa diperoleh pemenang lelang,” ungkapnya.

Hari menambahkan, untuk realisasi pembangunan jembatan di Jalan Lodan dan Pluit Selatan Raya sudah memasuki tahap lelang perencanaan. “Targetnya, paling lambat sebelum akhir tahun sudah ada pemenang lelang,” tandasnya. (hop)