Kegiatan yang dikemas dalam program Bakti Kita untuk Jakarta ini diawali dengan apel bersama di halaman Masjid Jami Baitul Muttaqin, Jalan Kalisari III Nomor 33, dipimpin Plt Lurah Kalisari Rahma Edwinda.

Selanjutnya, personel gabungan dari Tim bidang Informasi Publik Diskominfotik DKI, aparatur kelurahan, kecamatan, PPSU, Satpol PP, Sudin Kebudayaan, UPK Badan Air, Sudin Lingkungan Hidup dan unsur terkait lainnya, langsung menyebar menyusuri Jalan Raya Kalisari III. Sebagian dari mereka terjun ke Kalimati yang ada di sisi Barat jalan tersebut.

Mereka membersihkan saluran air maupun sampah yang ada di sepanjang jalan. Seluruh sampah dimasukkan ke dalam karung yang disiapkan oleh Suku Dinas sumbyer Daya Air (SDA) Jakarta Timur untuk selanjutnya dibuang ke tempat pembuangan sampah sementara (TPS) terdekat.

Menurut Plt Lurah Kalisari Rahma Edwinda, kerja bakti ini melibatkan sekitar 200 personel gabungan dan warga dengan sasaan lokasi pemukiman di 10 wilayah RW.

“Personel gabungan membersihkan sampah di sepanjang Jalan Kalisari III, ” kata Rahma.

Selain pemukiman warga, jelas Rahma, kerja bakti ini juga fokus membersihkan lumpur dan sampah di Kalimati yang memiliki panjang 200 meter, lebar 2,5 meter dan kedalaman sekitar 1,5 meter.

“Pembersihan Kalimati dilakukan secara manual. Personel gabungan harus turun ke dasar kali,” tuturnya.

Kepala Bidang Informasi Publik Diskominfotik DKI, Raides Aryanto menambahkan, peran serta seluruh ASN dan Tenaga Terampil di DKI khususnya di Dinas Kominfotik DKI ini sebagai wujud kebersamaan dalam meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi musim penghujan dan antisipasi potensi banjir dan genangan di sejumlah wilayah Jakarta.

“Dengan membangkitkan kembali semangat gotong royong, aparatur sipil negara dan serta tenaga terampil di Diskominfotik ini wujud kebersamaan dengan masyarakat dalam melaksanakan kerja bakti untuk Jakarta,” ucap Raides di lokasi.

Menurutnya, sinergisitas ini akan memberikan aura positif bagi masyarakat. Sekaligus bagian edukasi dan jalin silaturahmi dengan masyarakat.

Dijelaskannya, dalam kegiatan kerja bakti ini Tim Diskominfotik DKI disebar di lima kelurahan yang ada di Kecamatan Pasar Rebo, yakni Kelurahan Kalisari, Baru, Gedong, Pekayon, dan Cijantung.

Ia berharap, kegiatan Bakti Kita untuk Jakarta ini bisa dilakukan berkelanjutan. Sehingga ada sinergisitas dan rasa kebersamaan antara ASN Pemprov DKI dengan masyarakat. (hop)