INKINDO

Kastara.ID, Jakarta – Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menghadiri Musyawarah Provinsi XI Ikatan Konsultan Indonesia (INKINDO) Provinsi DKI Jakarta di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan. Ia berharap organisasi itu terus mengambil peran penting dalam pembangunan Jakarta.

“Konsultasi sering ditemukan dalam berbagai bidang pekerjaan yang memiliki spesialisasi tertentu seperti konstruksi, pajak, lingkungan, hukum, properti, hingga keuangan. Di dunia politik kita juga mengenal konsultan politik. Jadi semua sektor itu ada konsultannya,” ujar Wagub Ariza (19/4).

Ia mengatakan, peran para konsultan sangat penting, terutama ketika menentukan pilihan untuk keputusan tertentu di segala bidang.

Menurutnya, jasa konsultan sangat diperlukan, apalagi bagi proyek besar berskala nasional maupun daerah. Proyek-proyek yang telah sukses berjalan, khusunya di wilayah Jakarta tidak lain juga adalah berkat peran penting para konsultan.

“Inkindo sebagai organisasi yang mewadahi konsultan antara lain di Jakarta harus selalu siap mengambil peran strategis sebagai mitra Pemprov DKI Jakarta, dalam memajukan ibukota,” katanya.

Ditambahkan Wagub Ariza, Pemprov DKI Jakarta sebagai pengguna sekaligus pembina jasa konstruksi sesuai UU nomor 2 tahun 2017, memiliki peran penting dalam penciptaan usaha jasa konsultan yang kondusif di Jakarta. Inkindo Jakarta yang memiliki anggota lebih dari 900 perusahaan dan ribuan tenaga ahli memiliki kemampuan “brainware” di berbagai bidang keahlian, berpotensi menjadi mitra strategis Pemprov DKI Jakarta, serta memberikan masukan-masukan strategis bagi pembangunan di Jakarta.

“Di tengah ketatnya persaingan dunia konsultan di era digital, kiranya wajib hukumnya bagi kita untuk terus berkembang, beradaptasi dengan berbagai perkembangan zaman, dengan tetap menjaga nilai-nilai kebaikan yang sudah ada di dunia konsultan,” tandasnya. (hop)