Kastara.id, Jakarta – Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan bahwa sebagai leader harus berani untuk turun ke bawah. “Jangan takut untuk turun ke bawah dan untuk unintentional failure harus kita siap mengatakan itu tanggung jawab saya,” katanya kepada para peserta dengan tingkat manajerial dari korporasi-korporasi di Indonesia dalam acara 1st Manager Leader Summit di XXI Balroom Djakarta Theatre, Jakarta (20/10).

Rudiantara juga mengatakan, “Untuk menjadi leader, harus berani out of the box”.

Rudiantara menjelaskan bahwa antara leader dengan bawahannya diperlukan saling pengertian dan interaksi yang baik. “Kalau interaksi bagus maka diajak kerja lebih cepat,” ujarnya.

Terkait memberdayakan tim secara efektif, Rudiantara mengatakan agar tim diberi exposure yang cukup. “Strategic information harus di-share sebanyak-banyaknya,” katanya.

Andrew Tani selaku CEO Andrew Tani Research menjelaskan mengenai 10 Key Management Processes yaitu planning the work ahead, setting individual goals &standards, setting team goals & standards, monitoring team performance, performing coordinated activities, monitoring individual performance, reviewing individual performance, rewarding individual performance, training team members, dan solving problems. (npm)