Kastara.ID, Jakarta – Melalui proses pemilihan yang berlangsung demokratis, Hari Wibowo terpilih menjadi Ketua Umum Pengurus Provinsi Persatuan Baseball dan Softball Seluruh Indonesia (Pengprov Perbasasi) DKI Jakarta periode 2021-2025 menggantikan Hamka Hendra Noer.

Dalam pelaksanan Musyawarah Provinsi (Musprov) Pengprov Perbasasi DKI Jakarta, Hari berhasil meraih 10 suara dari total 16 suara mengungguli Heri Setiawan yang juga mencalonkan diri sebagai Ketua Umum Pengprov Perbasasi DKI Jakarta periode 2021-2025.

Hari mengatakan, keterpilihannya merupakan amanah untuk meningkatkan prestasi serta mengembalikan kejayaan DKI Jakarta di cabang olahraga (cabor) baseball dan softball.

“Terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan kepada saya. Saya mengajak semua bersatu dan bekerja sama agar atlet cabor baseball dan softball DKI bisa menjadi yang terbaik di tingkat nasional maupun internasional,” ujarnya (19/12).

Hari menjelaskan, sejumlah rencana kerja terkait upaya peningkatan prestasi dan regenerasi yang akan dilakukan di antaranya mengadakan kompetisi berjenjang di DKI Jakarta mulai dari usia di bawah 15 tahun (U-15) serta sosialisasi cabor baseball dan softball DKI ke sekolah-sekolah.

“Tidak kalah penting adalah sertifikasi bagi pelatih, Umpire dan Scorer serta pelatihan bagi pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan (PJOK) di sekolah-sekolah. Kemudian memastikan sarana dan prasarana latihan yang baik dan memadai,” terang Hari yang juga menjabat Kepala Bidang Pemasaran dan Atraksi Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Perekraf) DKI Jakarta.

Ia optimistis, dengan sejumlah inovasi dan terobosan yang akan dilakukan, prestasi atlet baseball maupun softball DKI bisa ditingkatkan di masa-masa mendatang dan cabor ini bisa semakin dikenal masyarakat luas.

“Prestasi yang sudah diraih di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua harus bisa ditingkatkan dalam penyelenggaraan PON XXI di Aceh dan Sumut,” ungkapnya.

Ketua Umum KONI DKI Jakarta Laksmana (Purn) Djamhuron P Wibowo berpesan agar Hari dapat bekerja sama dengan seluruh elemen klub baseball dan softball yang ada di Jakarta.

“Beban akan menjadi ringan jika dipikul bersama-sama,” ucapnya.

Sementara Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Perbasasi, Andika Monoarfa optimistis, Hari bisa mengemban amanah, melaksanakan tugas dengan baik.

Putra Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas ini menambahkan, tahun depan akan ada event olahraga di Jakarta.

“Mari kita semakin majukan cabor baseball dan softball ini, meraih prestasi terbaik di semua event olahraga,” tandasnya. (hop)