Kastara.ID, Depok – Ketua rukun tetangga (RT) dan ketua rukun warga (RW) dan LPM se-Kota Depok, dari tahun ke tahun nilainya naik. Hal ini sesuai janji Wali Kota Depok untuk meningkatkan kesejahteraan RT dan RW yang merupakan kepanjangan tangan Pemerintah Kota Depok di tingkat bawah.

“Alhamdulillah tahun ini insentif RT, RW, dan LPM mengalami kenaikan,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok Supian Suri di aula kantor Kecamatan Beji, Kamis (21/4).

Insentif RT kini menjadi Rp 500 ribu. Lalu untuk RW kini menjadi Rp 600 ribu, dan untuk LPM kini menjadi Rp 800 ribu.

“Pemerintah Kota Depok telah berjanji akan meningkatkan insentif RT, RW, dan LPM. Ini murni dari dana APBD depok,” katanya.

Supian Suri menambahkan, Insentif ini bertujuan untuk keperluan operasional serta peningkatan kinerja. Dana tersebut dipergunakan untuk operasional, bukan kepentingan pribadi.

“Diharapkan berguna dan bermanfaat bagi keberlangsungan kepengurusan di lingkungan,” tegas Supian.

Di tempat yang sama Camat Beji Hendar Fradesa menuturkan, pencairan insentif secara simbolis, tercatat sebanyak 400 RT, 75 RW dan 6 LPM telah menerima dana insentif. “Untuk kuartal pertama, dananya hampir 1 miliar, semoga melayani masyarakat dapat berjalan dengan baik,” ujar camat.

“Kecamatan Beji mendapatkan dana insentif. Tak tanggung-tanggung, dana yang menyedot Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2022 itu dikucurkan hampir 1 miliar,” ujar Hendar.

Diharapkan seluruh RT, RW, dan LPM dapat lebih meningkatkan kinerjanya dalam melayani masyarakat. Terlebih, RT, RW, dan LPM merupakan mitra kerja utama dari Pemkot Depok. “Uang insentif ini langsung ditransfer ke rekening masing-masing,” jelasnya.

Camat Beji berharap, dengan diterimanya insentif itu, ada peningkatan kinerja dari kemitraan pemerintah dalam membangun Kota Depok lebih baik lagi.

“Kita sangat mengapresiasi kinerja dari para pengurus RT, RW, dan LPM yang telah menjadi mitra kelurahan dan kecamatan atas perannya dan melayani masyarakat dalam pelayanan. Kita berharap peran lembaga kemitraan lebih ditingkatkan untuk membangun Kota Depok,” pungkasnya. (*)