Kastara.Id,Bogor –  94 orang pesilat Perisai Diri (PD). kabupaten Bogor mengikuti Ujian Kenaikan Tingkat (UKT)  pertama yang diselenggarakan di Pesantren Fajrul Amanah, Tlajung, Bogor pada 18-19 Februari.

“Untuk pertama kali UKT diadakan, setelah cabang Kabupaten Bogor berdiri sendiri,”  ucap  ketua cabang PD Kabupaten Bogor.Ati Adnawiyati

UKT ini diikuti pesilat PD dari usia dini hingga dewasa, dari berbagai ranting di kabupaten Bogor, seperti ranting Cibinong, Jonggol, Cileungsi, dan ranting lainnya.

Untuk peserta ujian kenaikan tingkat usia kelas lima sekolah dasar ke atas, mereka juga wajib mengikuti prosesi jurit malam untuk mengambil badge “Kujang PD” sebagai lambang Perisai Diri Kabupaten Bogor.

Teguh sebagai prajurit Korps Marinir yang bertugas membuat rute serta materi jurit malam sangat antusias walau diiringi hujan gerimis saat peserta dilepas untuk menyusuri lorong gelap.

” Ini untuk menempa mental serta rasa percaya diri anak-anak, biar terkesan dan tertanam dalam memorinya,” tutur anggota Taifib .

Ujian Kenaikan Tingkat PD Kabupaten Bogor ini dihadiri juga para pendekar kuning emas dari Bandung serta juga dari Banten, serta Jampang.

Memadukan ujian kenaikan tingkat dengan jurit malam serta kemping ini adalah model yang dipilih Ati Adnawiyati selaku ketua cabang PD Kabupaten Bogor agar rasa guyub dan kerjasama bisa terbina diantara para peserta.