Headline

Soal Kamus Sejarah Indonesia Jilid I, Nadiem Bakal Minta Maaf ke PBNU

Kastara.ID, Jakarta – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim dikabarkan bakal mendatangi kantor Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Kamis (22/4) siang ini.

“Iya, infonya begitu (akan datang ke PBNU), pukul 14,30 WIB. Diterima Kiai Said Aqil (ketua umum PBNU),” Ketua LP Ma’arif Nahdlatul Ulama (NU) Arifin Junaidi sebagaimana dilansir CNNIndonesia, Kamis (22/4).

Arifin mengatakan, kedatangan Nadiem ke kantor PBNU bertujuan untuk meluruskan kisruh tudingan dihapusnya nama pendiri NU, Hadratus Syekh Hasyim Asy’ari dalam Kamus Sejarah Indonesia Jilid I yang diduga diterbitkan Kemendikbud. “Katanya mau minta maaf atas kejadian itu,” tuturnya.

Dia mengklaim, Nadiem akan mengklarifikasi langsung terkait kisruh tersebut dan menjelaskan duduk perkara dari penghapusan nama Hasyim Asy’ari dalam kamus.

Selain itu, Nadiem juga disebut akan mengajak NU melakukan revisi terhadap buku Kamus Sejarah Indonesia Jilid I. “Akan menyampaikan rencana untuk revisi buku kamus sejarah itu dengan melibatkan NU,” sambung Arifin.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbud Hilmar Farid mengakui penghapusan nama Hasyim Asy’ari dari kamus merupakan kesalahan yang dilakukan tanpa sengaja. Ia pun menyatakan salinan Kamus Sejarah Indonesia Jilid I yang beredar belum resmi dan masih dalam tahap penyempurnaan.

“Saya mengakui bahwa ini kesalahan. Tapi ya karena kealpaan, bukan kesengajaan. Itu poin yang mau saya tekankan,” tuturnya (20/4). (ant)

Leave a Comment

Recent Posts

Menjodohkan Anies-Ahok di Pilgub Jakarta?

Kastara.ID, Jakarta - Banyak tokoh nasional yang diwacanakan potensial maju pada Pilgub Jakarta 2024. Soal…

Meninjau Langsung Lokasi Banjir di RT 04 RW 08 Kelurahan/Kecamatan Cipayung

Kastara.Id,Depok - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok berkomitmen untuk menyelesaikan persoalan banjir di Jembatan Kali Pesanggrahan…

Ahli Waris Kampung Bojong Malaka Gelar Silaturahmi dan Doa Bersama

  Kastara.Id,Depok - Ahli waris Kampung Bojong Malaka mengadakan halal bihalal dan doa bersama agar…

Nuroji : Gerindra Sudah Mengantongi Dua Nama Supian Suri dan Yeti Wulandari Untuk Walikota dan Wakilnya

Kastara.Id,Depok- Nuroji anggota DPR RI Fraksi Gerindra  terpilih kembali di Pileg 2024 menghadiri undangan acara…

Pemerintah Kota Depok Harus Ada BPR Untuk Peningkatan Ekonomi Daerah

Kastara.Id,Depok - Pemerintah Kota Depok, Jawa Barat akan membentuk Bank Perkreditan Rakyat atau BPR sebagai…

Paripurna DPRD Depok Dalam Rangka Memperingati HUT Depok ke-25

Kastara.Id,Depok- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Depok menggelar Rapat Paripurna dalam rangka memperingati HUT…